Implementasi model pembelajaran mind map untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI penjualan pada mata diklat penjualan retail (eceran) di SMK Islam Batu / Budi Norma Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran mind map untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI penjualan pada mata diklat penjualan retail (eceran) di SMK Islam Batu / Budi Norma Setiawan

Setiawan, Budi Norma (2009) Implementasi model pembelajaran mind map untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI penjualan pada mata diklat penjualan retail (eceran) di SMK Islam Batu / Budi Norma Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan Budi Norma. 2009. Implementasi Model Pembelajaran Mind Map untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Penjualan pada Mata Diklat Penjualan Retail (Eceran) di SMK Islam Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyanto M.M. (II) Imam Bukhori S.Pd. M.M. Kata kunci model pembelajaran Mind Map prestasi belajar Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk bisa membuat siswa memahami materi yang diberikan serta prestasi yang didapatkan siswa baik tidak terlepas dari bagaimana cara guru mengajar serta model pembelajaran apa yang tepat digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi agar bisa dimengerti dan diingat oleh siswa. Selama ini berdasarkan hasil pengamatan siswa di SMK Islam Batu mencatat materi pelajaran dengan cara tradisional (konvensional) cara tradisional di sini maksudnya siswa mencatat seluruh isi materi pelajaran sehingga membuat catatan yang dibuat terlihat monoton dan membosankan. Selain itu pembelajaran yang dilakukan masih mengacu pada tehnik tradisional dan lebih condong pada pandangan pembelajaran behavioristik padahal pandangan pembelajaran yang lebih baik dan sesuai dalam pembelajaran adalah pandangan konstuktivistik. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran mind map pada kelas XI Penjualan di SMK Islam Batu karena mind map lebih merangsang secara visual dari pada metode pencatatan tradisional yang cenderung linear dan satu warna. Ini akan sangat memudahkan mengingat informasi mind map. Mind Map juga memberikan kebebasan pada siswa untuk mengembangkan materi yang dipelajari sesuai dengan daya pikir logika ide dan imajinasi siswa tentang materi yang dipelajari Maka peneliti bermaksud melakukan penelitian mengenai masalah pembelajaran tersebut dalam penelitian kualitatif yaitu penelitian tindakan kelas di SMK Islam Batu. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan tatap muka. Data yang diteliti dalam penelitian ini yaitu mengenai nilai siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran mind map. Berdasarkan hasil penelitian di SMK Islam Batu diketahui bahwa penerapan model pembelajaran mind map dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar dapat diketahui dari nilai rata-rata Post test siswa pada siklus I sebesar 73 12 menjadi 80 40 pada siklus II. Jika nilai post test dibandingkan dengan nilai rata - rata ulangan harian pada pokok bahasan yang di ajarkan dengan model pembelajaran tradisional dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran mind map dapat meningkatkan prestasi belajar hal ini dapat dilihat dari nilai rata - rata post test siklus I sebesar 73 12 dan nilai rata - rata post test siklus II sebesar 80 40 sedangkan nilai rata - rata ulangan harian yang materinya diajarkan dengan model pembelajaran tradisional masih berada dibawah nilai post test penelitian ini yaitu sebesar 64 68. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Map dengan memasukkan unsur pembelajaran kooperatif yang terletak pada sistem pembentukan kelompok yang heterogen pada mata diklat Penjualan Retail (Eceran) kelas XI Penjualan di SMK Islam Batu dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna bagi siswa karena siswa di beri kebebasan untuk berpendapat berfikir mengemukakan gagasan dan mengembangkan materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27645

Actions (login required)

View Item View Item