Implementasi pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata diklat melakukan konfirmasi keputusan pelanggan Program Keahlian Penjualan di SMK Islam Batu / Agung Tri Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata diklat melakukan konfirmasi keputusan pelanggan Program Keahlian Penjualan di SMK Islam Batu / Agung Tri Cahyono

Cahyono, Agung Tri (2010) Implementasi pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata diklat melakukan konfirmasi keputusan pelanggan Program Keahlian Penjualan di SMK Islam Batu / Agung Tri Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyono Agung Tri. 2009. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Penjualan pada Mata Diklat Melakukan Konfirmasi Keputusan Pelanggan di SMK Islam Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si (II) Drs. Mohammad Hari M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif model jigsaw prestasi belajar Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk bisa membuat siswa memahami materi yang diberikan serta prestasi yang didapatkan siswa baik tidak terlepas dari bagaimana cara guru mengajar serta model pembelajaran apa yang tepat digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi agar bisa dimengerti dan diingat oleh siswa. Sebagai seorang guru harus dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menarik sehingga siswa merasa butuh dalam belajar dan tidak merasa terpaksa dalam belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pembelajaran yang diterapkan selama ini dengan cara tradisional (konvensional) siswa kurang aktif dalam kelas dan kurang memberi kesempatan pada siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan aktivitas siswa sangat rendah. Selain itu pembelajaran yang dilakukan masih mengacu pada tehnik tradisional dan lebih condong pada pandangan pembelajaran behavioristik padahal pandangan pembelajaran yang lebih baik dan sesuai dalam pembelajaran adalah pandangan konstuktivistik siswa menemukan masalah dan memecahkan masalah tersebut bersama-sama dalam satu kelompok Salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk mengaktifkan siswa adalah metode pembelajaran kooperatif. Dengan pembelajaran kooperatif siswa dapat bekerja sama antar anggota kelompok saling menyumbangkan pikiran dan adanya sikap tanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara individu maupun kelompok. Pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran model jigsaw. Model pembelajaran ini melibatkan para siswa dalam mereview bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan menjelaskan pemahaman mereka tentang isi pelajaran kepada teman satu kelompoknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Penjualan di SMK Islam Batu yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis yang dilaksanakan pada awal dan akhir siklus lembar observasi pedoman wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa ii dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw mengetahui respon siswa setelah dilaksanakannya model jigsaw dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang ditemui dalam penerapan model pembelajaran Jigsaw Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran model jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar dapat diketahui dari nilai rata-rata Post test siswa pada siklus I sebesar 78 13 menjadi 89 pada siklus II. Jika nilai post test dibandingkan dengan nilai rata rata ulangan harian pada pokok bahasan yang di ajarkan dengan model pembelajaran tradisional dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar hal ini dapat dilihat dari nilai rata rata ulangan harian yang materinya diajarkan dengan model pembelajaran tradisional masih berada dibawah nilai post test penelitian ini yaitu sebesar 70 4. Respon siswa dalam pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata diklat Melakukan Konfirmasi Keputusan Pelanggan sangat positif siswa senang menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata diklat Melakukan Konfirmasi Keputusan Pelanggan dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna bagi siswa karena siswa di beri kebebasan untuk berpendapat berfikir mengemukakan gagasan dan mengembangkan materi yang dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan bagi guru adalah (1) Model pembelajaran Jigsaw lebih merangsang siswa untuk berfikir dan mengungkapkan gagasan sacara bebas dalam mengembangkan materi yang dipelajari maka alangkah baiknya jika para guru mau mencoba menerapkan model pembelajaran ini pada mata diklat yang lain. (2) Guru dalam penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw hendaknya lebih variatif misalnya dengan mengadakan pemantapan berupa tanya jawab yang divariasi dengan pertanyaan rebutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27644

Actions (login required)

View Item View Item