Penerapan kolaborasi model pembelajaran peta konsep dan numbered head together sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa program keahlian administrasi perkantoran kelas XI di SMK Wisnuwardhana Malang) / Wari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran peta konsep dan numbered head together sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa program keahlian administrasi perkantoran kelas XI di SMK Wisnuwardhana Malang) / Wari

Wari'atuzzuhur (2009) Penerapan kolaborasi model pembelajaran peta konsep dan numbered head together sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa program keahlian administrasi perkantoran kelas XI di SMK Wisnuwardhana Malang) / Wari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wari atuzzuhur 2009. Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Peta Konsep Numbered Head Together Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Wisnuwardhana Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Hari M.Si (II) Madziatul Churiyah S.Pd M.M. Kata Kunci Peta Konsep Numbered Head Together hasil belajar Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa pembelajaran yang diterapkan di SMK Wisnuwardhana pada Mata Pelajaran Kewirausahaan masih cenderung memusatkan guru sebagai satu-satunya sumber informasi. Pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode ceramah diskusi tanya jawab pemberian tugas praktek namun dalam penyampaian teori guru belum pernah menyampaikan dengan menggunakan model pembelajaran yang terpusat pada siswa atau model pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa harus aktif dalam proses pembelajaran. Dengan proses belajar mengajar yang masih berpusat pada guru sehingga siswa mudah merasa jenuh dan kurang bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi hasil tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Wisnuwardhana yang berjumlah 31 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan data dianalisis secara deskriptif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data melalui observasi wawancara dokumentasi dan tes. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang disempurnakan adalah model pembelajaran yang mengarah pada siswa untuk lebih aktif interaktif inspiratif dan menyenangkan untuk menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan serta sikap melalui berbagai aktivitas belajar di dalam proses pembelajaran misalnya model pembelajaran Peta Konsep Numbered Head Together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kolaborasi model pembelajaran Peta Konsep Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Wisnuwardhana pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Peta Konsep Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XI Adminstrasi Perkantoran di SMK Wisnuwardhana. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa baik pada pre test maupun post test. Pada siklus I sebelum tindakan nilai rata-rata kelas adalah 45 56 Dari hasil tes ini diketahui bahwa seluruh siswa belum tuntas belajar setelah pelaksanaan tindakan yang menunjukkan bahwa ada 86 6% yang telah tuntas dan 13 3% belum tuntas. Rata-rata kelas pada post test siklus I ini adalah 83 46. Hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan ditunjukkan dari hasil pre test dengan rata-rata adalah 64 1. Dari hasil tes ini juga diketahui bahwa siswa yang tuntas sebesar 40% dan siswa yang belum tuntas adalah 60% Sedangkan hasil post test meningkat diperoleh hasil bahwa ada 93 33% yang telah tuntas dan hanya 6 6% yang belum tuntas. Hasil post test siklus I dan hasil post test siklus II meningkat sebesar 9 87% Sejalan dengan itu peningkatan hasil belajar juga dapat dilihat dari peningkatan rata-rata pada siklus I dan siklus II rata-rata hasil belajar meningkat sebesar 9 14%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang diajukan untuk SMK Wisnuwardhana adalah (1) dalam pelaksanaan proses pembelajaran terutama pada penetapan kelompok guru harus lebih mengendalikan situasi agar dalam pelaksanaan proses diskusi dapat berjalan secara efektif. Hal ini dapat disiasati dengan penetapan kelompok berdasarkan prestasi yang dimiliki oleh siswa (2) guru hendaknya lebih memotivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan cara mendekati kelompok dalam pelaksanaan diskusi berusaha menumbuhkan semangat pada siswa dengan membimbing secara teratur dalam proses pembuatan Peta Konsep dan diskusi untuk menemukan jawaban pada kelompok NHT sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa (3) kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian pada kompetensi dasar yang lain atau pada mata pelajaran lainnya guna mengetahui keberhasilan penerapan kolaborasi model pembelajaran Peta Konsep dan Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar dan sebaiknya dapat menyusun perencanaan dan persiapan yang lebih matang sehingga tujuan dalam penerapan model pembelajaran ini dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27642

Actions (login required)

View Item View Item