Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan pada mata diklat melakukan usaha kecil di SMK PGRI 6 Malang / Sapta Lirantia Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan pada mata diklat melakukan usaha kecil di SMK PGRI 6 Malang / Sapta Lirantia Purnamasari

Purnamasari, Sapta Lirantia (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan pada mata diklat melakukan usaha kecil di SMK PGRI 6 Malang / Sapta Lirantia Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnamasari Sapta L. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Penjualan Pada Mata Diklat Melakukan Usaha Kecil Di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen. Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (2) Rachmad Hidayat S.Pd. Kata kunci pembelajaran kooperatif group investigation hasil belajar Pendidikan merupakan salah satu faktor yang ikut serta menentukan kemajuan dan perkembangan kehidupan manusia kearah yang lebih baik. Oleh karena itu pembaharuan di bidang pendidikan harus selalu dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatan kualitas pendidikan di Indonesia diantaranya dengan penyempurnaan kurikulum dari KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) yang telah disempurnakan menjadi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Dengan penyempurnaan kurikulum maka proses pembelajaran harus didukung oleh metode pembelajaran yang berkualitas. Salah satu metode tersebut adalah pembelajaran kooperatif model Group Investigation. Melalui pembelajaran kooperatif model Group Investigation siswa diharuskan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator. Kenyataannya proses pembelajaran pada mata diklat Melakukan Usaha Kecil kelas X program keahlian Penjualan di SMK PGRI 6 Malang masih didominasi oleh metode ceramah dan tanya jawab yang materinya masih terbatas pada modul pembelajaran. Proses pembelajaran yang monoton membuat siswa cenderung pasif dan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa dalam proses pembelajaran siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan segala ide pendapat atau gagasan serta saran yang dimilikinya. Salah satu pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa secara langsung mulai dari perencanaan adalah pembelajaran kooperatif model Group Investigation dimana siswa dituntut lebih aktif dalam proses pembelajaran baik secara fisik maupun mental. Sehingga pembelajaran kooperatif model Group Investigation tersebut diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation pada mata diklat Melakukan Usaha Kecil (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif model Group Investigation (3) untuk mengetahui hambatan yang muncul dalam penerapan pembelajaran i ii kooperatif model Group Investigation. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Penjualan SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran kooperatif model Group Investigation pada mata diklat Melakukan Usaha Kecil di SMK PGRI 6 Malang dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu (a) mengidentifikasi topik dan mengatur murid ke dalam kelompok (b) merencanakan tugas yang akan dipelajari (c) melaksanakan investigasi (d) menyiapkan laporan akhir (e) mepresentasikan laporan akhir (f) evaluasi (2) Hasil belajar siswa dari aspek kognitif mengalami peningkatan sebesar 11 16. Dimana hasil belajar siswa pada siklus I adalah 69 44 dan meningkat pada siklus II menjadi 80 6. Sedangkan hasil belajar siswa dari aspek afektif juga mengalami peningkatan sebesar 13 9. Pada siklus I diketahui nilai rata-rata siswa ditinjau dari aspek afektif sebesar 68 57 meningkat menjadi 82 47 pada siklus II (3) Hambatan yang muncul dalam penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation yaitu (a) siswa belum terbiasa belajar dengan pembelajaran kooperatif model Group Investigation sehingga peneliti mengalami kesulitan dalam merangsang siswa untuk aktif (b) keterbatasan waktu dalam pelaksanaan penelitian dan (c) minimnya sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran kooperatif model Group Investigation khususnya literatur. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Penjualan SMK PGRI 6 Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat diberikan saran yaitu (1) Bagi Kepala Sekolah SMK PGRI 6 Malang hendaknya lebih menghimbau mendorong serta mengusahakan peningkatan kualitas dan keterampilan guru terutama dalam penggunaan model pembelajaran yang lebih bervariatif khususnya penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation. Peningkatan kualitas dan keterampilan guru dapat dilakukan melalui pengiriman guru-guru untuk mengikuti diklat tentang profesi guru sertifikasi dan lain-lain (2) Bagi guru mata diklat Melakukan Usaha Kecil disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model Group Investigation dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan pembelajaran model Group Investigation hendaknya lebih variatif misalnya dengan mengajak para siswa terjun langsung ke lapangan untuk menginvestigasi masalah (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model Group Investigation pada mata diklat yang berbeda dengan jumlah pertemuan atau siklus yang lebih banyak (4) Bagi sekolah disarankan untuk menyediakan sarana dan prasarana yang memadai terutama literatur untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran kooperatif model Group Investigation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27641

Actions (login required)

View Item View Item