Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran koorperatif metode Numbered Heads Together (NHT) dan pendekatan pembelajaran konvensional metode ceramah dan tanya jawab (studi pada siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang dengan mata pelajaran kewirausah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran koorperatif metode Numbered Heads Together (NHT) dan pendekatan pembelajaran konvensional metode ceramah dan tanya jawab (studi pada siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang dengan mata pelajaran kewirausah

Oktavia, Ratnasari (2010) Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran koorperatif metode Numbered Heads Together (NHT) dan pendekatan pembelajaran konvensional metode ceramah dan tanya jawab (studi pada siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang dengan mata pelajaran kewirausah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktavia Ratnasari. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Koorperatif Metode Numbered Heads Together (NHT) Dan Pendekatan Pembelajaran Konvensional Metode Ceramah dan Tanya jawab (Studi Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 6 Malang dengan Mata Pelajaran Kewirausahaan). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Hari M.Si (II) Drs. Agus Hermawan M.Si M.Bus. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) Pembelajaran Konvensional Model Ceramah Hasil Belajar. Suatu inovasi pembelajaran telah muncul dengan cara mempengaruhi pengorganisasian kelas. Salah satu inovasi pembelajaran tersebut adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif metode Numbered Heads Together (NHT). Pembelajaran kooperatif metode Numbered Head Together (NHT) merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan pada kelas heterogen. Penerapan pendekatan pembelajararan Numbered Heads Together (NHT) diharapkan lebih dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran secara konvensional. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar siswa setelah penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif metode Numbered Heads Together (NHT) (2) untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar siswa setelah penerapan pendekatan pembelajaran konvensional metode ceramah dan tanya jawab dan (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah menjalani pendekatan pembelajaran kooperatif metode Numbered Heads Together (NHT) dan pendekatan pembelajaran konvensional metode ceramah dan tanya jawab. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis quasi experimental design. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang diukur dengan alat ukurnya adalah pre test dan post test. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMK PGRI 6 Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel bertujuan atau purposive sampling. Penelitian ini menggunakan tes awal untuk mengetahui bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum diberi perlakuan mempunyai kemampuan awal yang sama atau tidak jauh berbeda. Kemudian diberi perlakuan yaitu metode Numbered Heads Together (NHT) untuk kelas eksperimen dan metode ceramah untuk kelas kontrol. Kemudian diberikan tes akhir untuk mengetahui hasil belajar setelah diberi perlakuan. Data yang akan dianalisis pada penelitian ini adalah data gain score. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji t. Sebelum dilakukan uji t data gain score diuji dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Karena varian data tidak identik maka tidak dapat dilakukan uji t melainkan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0 000 0 05 dan Z hitung (-6 441) Z tabel (1 96) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti hasil belajar kewirausahaan siswa yang mendapat pelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif metode NHT berbeda atau lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mendapatkan pelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional metode ceramah. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu bagi peneliti selanjutnya perlu lebih meningkatkan keaktifan siswa dalam kelas untuk mengemukakan pendapat pada saat pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dengan cara memberikan pujian kritik maupun reward karena pada penelitian ini siswa masih terkesan dipaksa untuk mengemukakan pendapat. Sedangkan bagi sekolah khususnya guru pada mata pelajaran Kewirausahaan perlu menerapkan metode pembelajaran NHT selain metode ceramah agar tidak terjadi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27640

Actions (login required)

View Item View Item