Penerapan metode pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (studi pada siswa kelas Pj 1 di SMK Negeri 1 Turen) / Mochammad Rifqi Masyhuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (studi pada siswa kelas Pj 1 di SMK Negeri 1 Turen) / Mochammad Rifqi Masyhuri

Masyhuri, Mochammad Rifqi (2009) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (studi pada siswa kelas Pj 1 di SMK Negeri 1 Turen) / Mochammad Rifqi Masyhuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAKSI Masyhuri Mochammad Rifqi. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran Kewirausahaan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar (Studi pada Siswa Kelas XI Pj 1 SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si (II) Imam Buchori S.Pd M.M. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together motivasi belajar hasil belajar. Berdasarkan hasil obserfasi awal yang dilakukan di SMK Negeri 1 Turen dapat diketahui bahwa praktik kegiatan pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Turen masih didominasi oleh metode konvensional sehingga cenderung guru sebagai pusat pembelajaran (teacher centered) bukan siswa sebagai pusat pembelajaran (student centered). Pembelajaran yang dilakukan masih bersifat tutorial dan ceramah. Sehingga guru mengacu pada teori dan kurang mengaitkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar siswa. Sedangkan dari sudut pandang siswanya siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Sehingga siswa mengalami kejenuhan dan mengantuk di kelas. Siswa kurang aktif dalam kelas dan kurang memberi kesempatan pada siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan motivasi belajar siswa sangat rendah. Hal ini juga menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM) secara keseluruhan. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk mengaktifkan siswa adalah metode pembelajaran kooperatif. Dengan pembelajaran kooperatif siswa dapat bekerja sama antar anggota kelompok saling menyumbangkan pikiran dan adanya sikap tanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara individu maupun kelompok. Pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran model Numbered Heads Together. Model pembelajaran ini melibatkan para siswa dalam mereview bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek atau memeriksa pemahaman mereka tentang isi pelajaran. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi hasil tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Pj 1 SMK Negeri 1 Turen dan dilaksanakan pada 6 Desember 2008 sampai dengan 27 Desember 2008. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan data dianalisis secara deskriptif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data melalui pemberian angket motivasi belajar siswa Pre Test dan Post Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa dari 74.36 pada siklus I menjadi 78 54 pada siklus II. Peningkatan hasil ii belajar dapat diketahui dari ranah kognitif dengan rata-rata nilai Post test siswa sebesar 80 46 pada siklus I menjadi 86 63 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI Pj 1 SMK Negeri 1 Turen. Penerapan pembelajaran ini disarankan sebaiknya guru lebih memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas selama pembelajaran menggunakan media yang bervariasi dan meningkatkan pengelolaan kelas. Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian tentang metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran lain selain mata pelajaran Kewirausahaan dan dapat dikembangkan untuk sekolah-sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27639

Actions (login required)

View Item View Item