Penerapan model pembelajaran numbered head together (NHT) dan model pembelajar student facilitator explaining untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Program Keahlian Penjualan SMKN 1 Turen / Muhammad Prima Masofi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran numbered head together (NHT) dan model pembelajar student facilitator explaining untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Program Keahlian Penjualan SMKN 1 Turen / Muhammad Prima Masofi

Masofi, Muhammad Prima (2010) Penerapan model pembelajaran numbered head together (NHT) dan model pembelajar student facilitator explaining untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Program Keahlian Penjualan SMKN 1 Turen / Muhammad Prima Masofi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masofi Muhammad Prima. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X Program Keahlian Penjualan SMKN 1 Turen. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Gatot Isnani M.Si. (II) Rachmad Hidayat S.Pd. Kata kunci nht student facilitator and explaining prestasi belajar. Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Oleh karena itu pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Kualitas pendidikan yang rendah adalah suatu permasalahan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Berdasarkan hal tersebut untuk meningkatkan prestasi belajar siswa antara lain dapat dilakukan dengan menerapkan model-model pembelajaran yang merujuk kepada proses pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan. Salah satunya dengan penerapan model pembelajaran NHT merupakan model pembelajaran yang menekankan pola interaksi antar sesama siswa dalam hal belajar baik menjawab pertanyaan menyanggah bahkan menyimpulkan materi pelajaran. Sedangkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memberikan penjelasan atau mempresentasikan kepada peserta didik lainnya baik melalui bagan atau peta konsep maupun lainnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran NHT dan Student Facilitator and Explaining (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran NHT dan Student Facilitator and Explaining (3) Mengetahui prestasi belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran NHT dan Student Facilitator and Explaining (4) Mengetahui prestasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran NHT dan Student Facilitator and Explaining. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus (Siklus I dan Siklus II). Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X Program Keahlian Penjualan berjumlah 36 siswa dengan Mata Pelajaran Kewirausahaan semester II tahun pelajaran 2008/2009 di SMK Negeri 1 Turen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran) wawancara tes (pre-test dan post-test) catatan lapangan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data reduction (reduksi data) data display (penyajian data) dan conclution drawing (penarikan kesimpulan). Tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini meliputi proses perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa (1) Sebelum pemberian tindakan hasil Pre-Test Siklus I nilai rata-rata prestasi belajar siswa 78 57 sedangkan setelah pemberian tindakan hasil Post-Test Siklus I nilai rata-rata prestasi belajar siswa 85 76 (2) Sebelum pemberian tindakan hasil Pre-Test Siklus II nilai rata-rata prestasi belajar siswa 66 57 sedangkan setelah pemberian tindakan hasil Post-Test Siklus II nilai rata-rata prestasi belajar siswa 85 76 (3) Hasil analisis angket respon siswa dapat diketahui bahwa keseluruhan aspek pernyataan menunjukkan kriteria respon yang sangat baik (4) Hasil observasi pada Siklus I dan Siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru dalam pembelajaran dengan taraf penilaian keberhasilan A hasil aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan taraf penilaian keberhasilan A dan hasil aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran NHT dan Student Facilitator and Explaining taraf penilaian keberhasilan A . Dari paparan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran NHT dan Student Facilitator and Explaining terbukti dapat diterapkan dengan baik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (2) Hasil nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebelum pemberian tindakan masih terdapat penurunan sedangkan (3) Hasil nilai rata-rata prestasi belajar siswa setelah pemberian tindakan terdapat peningkatan yang memuaskan (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran NHT dan Student Facilitator and Explaining sangat baik dan siswa mampu mengaktualisasikan diri mereka dalam proses pelaksanaan model pembelajaran ini. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan oleh peneliti (1) Bagi Guru Mata Pelajaran Kewirausahaan lainnya hendaknya memulai mencoba menerapkan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam proses pembelajaran di kelas karena model pembelajaran ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa menjadi lebih baik (2) Bagi Depdiknas hendaknya lebih mensosialisasikan penerapan berbagai model pembelajaran seperti NHT dan Student Facilitator and Explaining dengan cara memberikan penyuluhan workshop/seminar mengingat minimnya informasi yang diterima oleh guru/calon guru (3) Dalam proses belajar mengajar diharapkan guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif seperti NHT Student Facilitator and Explaining STAD Jigsaw Think Pair Share dan sejenisnya sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh apabila hal tersebut terjadi maka kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran akan berkurang (4) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan model pembelajaran NHT dan Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran mata pelajaran/mata diklat lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27638

Actions (login required)

View Item View Item