Penerapan metode pembelajaran problem solving mata diklat pelayanan prima dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Penjualan di SMK PGRI 6 Malang / Devy Nur Af-Idah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran problem solving mata diklat pelayanan prima dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Penjualan di SMK PGRI 6 Malang / Devy Nur Af-Idah

Af-Idah, Devy Nur (2010) Penerapan metode pembelajaran problem solving mata diklat pelayanan prima dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Penjualan di SMK PGRI 6 Malang / Devy Nur Af-Idah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Devy N. 2009. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Mata Diklat Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Penjualan Di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen. Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (2) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E. M.Si. Kata kunci problem solving motivasi belajar prestasi belajar Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional yang telah dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan melakukan penyempurnaan kurikulum dari KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) yang telah disempurnakan menjadi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) pada tahun 2004 dan 2006. Dengan penyempurnaan kurikulum maka proses pembelajaran harus didukung oleh metode pembelajaran yang berkualitas. Salah satu metode tersebut adalah model pembelajaran problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran problem solving dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mata diklat Pelayanan Prima siswa kelas X Penjualan SMK PGRI 6 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Penjualan SMK PGRI 6 Malang pada semester genap tahun ajaran 2008/ 2009 yang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar observasi tes pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran problem solving motivasi dan prestasi belajar siswa dapat meningkat. Peningkatan motivasi siswa dari angket motivasi sebesar 0 51 atau 51%. Sedangkan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dimana rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 81 56 dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 91 40. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Penjualan SMK PGRI 6 Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan disarankan kepada guru mata diklat Pelayanan Prima untuk menerapkan problem solving sebagai alternatif pembelajaran dalam rangka meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Sedangkan kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran problem solving pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27636

Actions (login required)

View Item View Item