Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata diklat pemasaran barang dan jasa kelas X program keahlian penjualan di SMK PGRI 6 Malang / Rahma Romadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata diklat pemasaran barang dan jasa kelas X program keahlian penjualan di SMK PGRI 6 Malang / Rahma Romadani

Romadoni, Rahma (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata diklat pemasaran barang dan jasa kelas X program keahlian penjualan di SMK PGRI 6 Malang / Rahma Romadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Romadoni Rahma. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Diklat Pemasaran Barang dan Jasa Kelas X Program Keahlian Penjualan Di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen. Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si (II) Rachmad Hidayat S.Pd. Kata kunci Student Teams Achievement Division (STAD) hasil belajar Berdasarkan observasi serta wawancara yang dilakukan SMK PGRI 6 Malang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa. Untuk itu dilakukan penelitian tindakan kelas mengenai penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 37 siswa Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dalam mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI 6 Malang (2) untuk mengetahui prestasi belajar aspek kognitif siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI 6 Malang setelah dilakukan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD pada mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa (3) untuk mengetahui prestasi belajar aspek afektif siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI 6 Malang setelah dilakukan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD pada mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes lembar observasi catatan lapangan daftar nilai siswa kamera dan lembar wawancara. Sedangkan teknik analisis data dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang pada mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa pada aspek afektif dan kognitif. Hal ini terbukti pada aspek kognitif pada siklus 1 rata-rata niali pre test siswa 49 83 dengan ketuntasan 22 58% dan meningkat pada nilai post test yaitu rata-rata kelas menjadi 68 57% dengan ketuntasan 52 38%. Pada aspek afektif nilai rata-rata siswa mencapai 80 13 dengan ketuntasan 90 9%. Pada siklus II mengalami kenaikan dengan nilai rata-rata pre test 52 24 dengan ketuntasan 0% dan pada post test nilai rata-rata menjadi 82 81 dengan ketuntasan 93 75%. Pada aspek afektifpun mengalami kenaikan menjadi 86 66 dengan ketuntasan 100%. ii Berdasarkan hasil penelitian di atas saran yang dapat diajukan yaitu (1) pembelajaran kooperatif model STAD sangat bermanfaat bagi siswa karena model pembelajaran tersebut telah terbukti mampu meningkatkan prestasi siswa pada penelitian ini maupun beberapa penelitian sebelumnya sehingga peneliti menyarankan kepada guru mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa untuk menggunakan model pembelajaran ini (2) sebaiknya dalam melakukan penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model STAD pembentukan kelompok dari siklus satu ke siklus lainnya berbeda agar siswa tidak jenuh dan mereka bisa bersosialisasi dengan semua siswa (3) kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian pada kompetensi dasar lainnya untuk mengetahui keberhasilan model pembelajaran ini dalam meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27634

Actions (login required)

View Item View Item