Penerapan pembelajaran kooperatif model make a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Program Kehalian Penjualan pada mata diklat kewirausahaan di SMK Islam Batu / Dian Iramani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model make a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Program Kehalian Penjualan pada mata diklat kewirausahaan di SMK Islam Batu / Dian Iramani

Iramani, Dian (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model make a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Program Kehalian Penjualan pada mata diklat kewirausahaan di SMK Islam Batu / Dian Iramani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini pemerintah telah menetapkan kurikulum baru yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai usaha untuk mencapai dan meningkatkan tujuan pembelajaran di sekolah. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan KTSP adalah model pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif interaktif dan bekerjasama misalnya model Make A-Match. Berdasarkan observasi awal diketahui pembelajaran yang diterapkan di SMK Islam Batu menggunakan metode ceramah diskusi tanya jawab pemberian tugas praktek dan PSG tetapi dalam penyampaian teori guru belum pernah menggunakan pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model Make A-Match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan pada mata diklat Kewirausahaan di SMK Islam Batu. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi hasil tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Penjualan pada mata diklat Kewirausahaan SMK Islam Batu berjumlah 37 siswa. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan data dianalisis secara deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi wawancara dokumentasi tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran model Make A-Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Peningkatan aktivitas belajar ditunjukkan dengan hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I pertemuan 1 91% meningkat pada siklus II menjadi 100%. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan nilai rata-rata pre test 51 08% nilai rata-rata post test siklus I 62 29% dan meningkat pada siklus II menjadi 81 08%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Penerapan pembelajaran kooperatif model Make A-Match pada mata diklat Kewirausahaan kelas X Program Keahlian Penjualan SMK Islam Batu meliputi beberapa aktivitas yaitu (a) memberikan pre test (b) menerangkan materi pelajaran (c) membentuk kelompok (d) membagi siswa dalam kelas menjadi 2 bagian (e) memberikan post tes. Penerapan pembelajaran kooperatif model Make A-Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat Kewirausahaan siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK Islam Batu Berdasarkan hasil tersebut saran untuk SMK Islam Batu yaitu bagi guru mata diklat Kewirausahaan dapat menggunakan model Make A-Match sebagai variasi karena model pembelajaran tersebut terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Guru hendaknya lebih kreatif dalam kegiatan belajar mengajar misalnya dengan menggunakan model Make A-Match sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selain itu agar siswa tidak merasa jenuh dalam kegiatan belajar mengajar kepada guru mata diklat Kewirausahaan dan guru mata diklat yang lainnya dapat memvariasikan model Make A-Match pada kompetensi dasar yang lain untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27633

Actions (login required)

View Item View Item