Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Dewi Suprobo Rini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Dewi Suprobo Rini

Rini, Dewi Suprobo (2009) Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Dewi Suprobo Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rini Dewi Suprobo. 2009. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Kewirausahaan Kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Gatot Isnani M.Si (2) Dr. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.E. S.Pd. M.M. Kata Kunci Minat belajar Kebiasaan belajar Prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan. Pendidikan adalah suatu usaha untuk mengubah sikap dan tingkah laku agar peserta didik aktif untuk mengembangkan potensi dirinya melalui ikhtiar pengajaran dan pelatihan. Pada saat ini persaingan dalam berwirausaha semakin ketat. Pendidikan berbasis kompetensi Sekolah Menengah kejuruan (SMK) menganut prinsip pembelajaran tuntas (mastery learning) untuk dapat menguasai sikap (attitude) ilmu pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skills) agar dapat bekerja sesuai dengan profesi yang dituntut oleh suatu kompetensi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh minat dan kebiasaan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang (2) Pengaruh minat dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang (3) Pengaruh yang dominan minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Malang Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 112 orang dan jumlah sampelnya 53 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup dengan menggunakan Skala Likert 5 alternatif jawaban. Pernyataan dan pertanyaan dijabarkan dalam angket sebanyak 60 item mewakili setiap sub variabel bebas (minat dan kebiasaan belajar) yang kemudian disebarkan kepada siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik. Sedangkan untuk menguji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS 12.0 for Windows. Adapun hasil analisis data dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan minat belajar (X1) terhadap prestasi belajar (Y) siswa pada Mata Diklat kewirausahaan. Hal ini dibuktikan dengan signifikansi t (0 000) (0 05) dan t hitung (4 281) t abel (2 008). Hasil perhitungan Sumbangan Efektif minat belajar (X1) terhadap prestasi belajar (Y) siswa sebesar 29 3%. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan kebiasaan belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan. Hal ini dibuktikan dengan signifikansi t (0 000) (0 05) dan t hitung (4 228) t tabel (2 008). Hasil perhitungan (3 183). Dari hasil analisis regresi juga diperoleh nilai R 0 763 ini menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan antara variabel minat belajar (X) dan kebiasaan belajar (X) dengan prestasi belajar (Y) siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan adalah kuat. Nilai R Square menunjukkan koefisien determinasi sebesar 0 582 hal ini berarti bahwa 58 2% perubahan variabel Y disebabkan oleh perubahan variabel minat belajar (X) dan kebiasaan belajar (X) sedangkan sisanya 41 8% prestasi belajar (Y) siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan disebabkan oleh faktor lain di luar variabel bebas. Sumbangan Efektif kebiasaan belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) siswa sebesar 28 9%. (3) Secara simultan terdapat pengaruh positif yang signifikan minat belajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan. Hal ini dibuktikan dengan Sig F (0 000) (0 05) dan F hitung (34 828) F tabel 1212 Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan yaitu (1) Sebagian besar dari 53 siswa kelas yang dijadikan responden menyatakan sangat setuju mengenai item pertanyaan yang berhubungan dengan minat belajar (2) Sebagian besar siswa yang dijadikan responden menyatakan sangat setuju mengenai item pertanyaan yang berhubungan dengan kebiasaan belajar (3) Sebagian besar siswa mempunyai prestasi belajar yang baik pada Mata Diklat Kewirausahaan (4) Minat belajar berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan (5) Kebiasaan belajar berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa (6) Minat dan kebiasaan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa (7) Minat belajar memiliki pengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini penulis memberikan saran yaitu (1) Siswa supaya lebih meningkatkan belajarnya dan membiasakan diri untuk belajar teratur dan tepat waktu (2) Guru hendaknya menciptakan suasana belajar yang tidak monoton memberikan motivasi bimbingan pengarahan serta memberikan tugas-tugas kepada siswa supaya dapat membantu meningkatkan prestasi belajarnya (3) Orang tua siswa hendaknya memperhatikan membimbing dan mengarahkan anaknya dalam belajar serta memantau untuk mengetahui sampai sejauh mana perkembangan kebiasaan belajar anaknya di sekolah Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh minat dan kebiasaan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang (2) Pengaruh minat dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang (3) Pengaruh yang dominan minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27631

Actions (login required)

View Item View Item