Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata pelajaran pelayanan prima untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI 6 Malang / Verby Pradikta Wardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata pelajaran pelayanan prima untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI 6 Malang / Verby Pradikta Wardana

Wardana, Verby Pradikta (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata pelajaran pelayanan prima untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI 6 Malang / Verby Pradikta Wardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa pembelajaran yang diterapkan di SMK PGRI 6 Malang menunjukkan metode pembelajaran mata pelajaran Pelayanan Prima masih cenderung guru sebagai pusat pembelajaran (teacher centered) bukan siswa sebagai pusat pembelajaran (student centered). Pembelajaran yang dilakukan masih bersifat tutorial dan ceramah. Sehingga guru mengacu pada teori dan kurang mengaitkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar siswa. Sedangkan dari sudut pandang siswanya siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan menetapkan kurikulum baru yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang lebih dikenal dengan sebutan KTSP. KTSP merupakan upaya untuk menyempurnakan kurikulum agar lebih familiar dengan guru karena guru banyak dilibatkan sehingga diharapkan memiliki tanggung jawab yang memadai. Penyempurnaan kurikulum yang berkelanjutan merupakan keharusan agar sistem pendidikan nasional selalu relevan dan kompetitif. Salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang disempurnakan adalah pendekatan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL). Salah satu model pembelajaran yang berasosiasi dengan pendekatan pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran model Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan SMK PGRI 6 Malang pada mata pelajaran Pelayanan Prima. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi hasil tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Pj SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 35 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan data dianalisis secara deskriptif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data melalui observasi pada saat pembelajaran berlangsung memberikan angket motivasi belajar siswa dan Post Test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa dari 69 66% pada siklus I menjadi 73 31% pada siklus II. Peningkatan prestasi belajar dapat diketahui dari ranah kognitif dengan rata-rata nilai Post test siswa sebesar 83 71 pada siklus I menjadi 84 52 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan sebagai berikut (1) pembelajaran kooperatif model Jigsaw telah terbukti dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa sehingga bagi guru mata pelajaran Pelayanan Prima dan guru mata pelajaran lainnya dapat menerapkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw (2) guru hendaknya lebih memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar (3) kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian pada kompetensi dasar yang lain guna mengetahui keberhasilan penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27628

Actions (login required)

View Item View Item