Implementasi pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata diklat pelayanan prima (Studi pada siswa kelas X penjualan SMK PGRI 02 Malang) / Eugenia Elma Lasades - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata diklat pelayanan prima (Studi pada siswa kelas X penjualan SMK PGRI 02 Malang) / Eugenia Elma Lasades

Lasades, Eugenia Elma (2010) Implementasi pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata diklat pelayanan prima (Studi pada siswa kelas X penjualan SMK PGRI 02 Malang) / Eugenia Elma Lasades. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lasades Eugenia Elma. 2009. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Diklat Pelayanan Prima (Studi Pada Siswa Kelas X Penjualan SMK PGRI 02 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. (2) Rachmad Hidayat S.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Prestasi Belajar. Perkembangan suatu negara sangat dipengaruhi oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Mengingat dengan adanya tuntutan perkembangan zaman saat ini kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas kreatif dan inovatif. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan penyempurnaan proses belajar yang meliputi sistem penilaian dari metode pembelajaran yang berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif antara lain yaitu Student Team Achievement Division (STAD) Team Achievement Instruction (TAI) Teams Games Tournament (NHT) Cooperative Integrade Reading and Composition (CIRC) Jigsaw Improve dan Numbered Heads Together (NHT). Dalam penelitian ini metode pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran NHT adalah struktur yang melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman siswa terhadap isi pelajaran tersebut. Pembelajaran kooperatif NHT ini memiliki 4 langkah yaitu penomoran (numbering) pengajuan pertanyaan (questioning) berpikir bersama (heads together) dan menjawab pertanyaan (answering). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) interview (wawancara) catatan lapangan angket dan tes. Sedangkan analisis data meliputi pengelompokan data reduksi data paparan data dan kesimpulan. Adapun subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 02 Malang yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X penjualan SMK PGRI 02 Malang hal ini dapat dilihat dari nilai pre test (sebelum diterapkannya pembelajaran NHT) diperoleh dari nilai rata-rata siswa sebesar 65 dan setelah diterapkan pembelajaran NHT (Post test) maka diperolah nilai rata-rata kelas siswa pada siklus I adalah 75. Hal ini dapat diartikan prestasi belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 25%. Prestasi belajar siswa pada siklus II juga mengalami kenaikan sebesar 25% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 83. Respon peserta didik dalam metode pembelajaran kooperatif model NHT pada mata diklat Pelayanan Prima sangat positif siswa senang menggunakan metode pembelajaran kooperatif model NHT. Adapun kekurangan dalam metode pembelajaran kooperatif model NHT yaitu memerlukan waktu yang relatif banyak agar semua tahapan dapat dilaksanakan lebih baik dan memerlukan perencanaan serta persiapan yang matang. Berdasarkan paparan data dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada mata diklat Pelayanan Prima sudah berjalan lancar hal ini ditandai dengan adanya peningkatan aktifitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II. (2) Prestasi belajar siswa pada pembelajaran kooperatif model NHT sudah mengalami peningkatan pada siklus II siswa sudah dapat dinyatakan tuntas dalam belajar. Prestasi belajar siswa pada siklus II mencapai peningkatan sebesar 25%. (3) Respon siswa terhadap pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sangat positif siswa merasa senang mengikuti materi pada mata diklat Pelayanan Prima dengan pembelajaran model NHT bersama teman-teman sekelas dapat meningkatkan rasa saling percaya antar sesama teman siswa bisa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas merasa lebih berani mengungkapkan pendapat dapat melatih siswa berbagi pengetahuan dengan teman-teman sekelas dapat belajar menghargai pendapat orang lain siswa dapat lebih mudah memahami materi merasa betah belajar di kelas karena suasananya tidak membosankan siswa bisa saling membantu dapat membuat siswa bersemangat untuk mempelajari kembali materi yang telah disampaikan di kelas dan penghargaan yang diberikan kepada siswa yang berprestasi dapat mendorong siswa untuk belajar lebih rajin. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan oleh peneliti adalah sebagai berikut (1) Pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) sangat bermanfaat bagi siswa karena model pembelajaran ini telah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Sehingga bagi guru mata diklat Pelayanan Prima dan guru mata diklat lainnya diharapkan dapat menerapkan pembelajaran NHT ini. Dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model NHT hendaknya guru juga harus memperhatikan alokasi waktu dan keaktifan kelas. (2) Guru harus dapat memotivasi siswa untuk mengadakan persiapan belajar di rumah sebelum materi disampaikan di sekolah. Dengan cara memberitahu siswa bahwa tiap kali pertemuan akan diadakan pre test sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk belajar sebelum materi disampaikan. (3) Bagi lembaga hendaknya lebih mensosialisasikan penerapan berbagai model pembelajaran seperti model NHT mengingat minimnya informasi yang diterima oleh guru atau calon guru. (4) Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada mata diklat lain selain mata diklat Pelayanan Prima dan dapat dikembangkan untuk sekolah-sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27627

Actions (login required)

View Item View Item