Pengaruh persepsi mengenai jurusan dan aspirasi karir terhadap motivasi belajar dan dampaknya terhadap prestasi siswa kelas III SMK PGRI 6 Malang / Santi Mei Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi mengenai jurusan dan aspirasi karir terhadap motivasi belajar dan dampaknya terhadap prestasi siswa kelas III SMK PGRI 6 Malang / Santi Mei Wulandari

Wulandari, Santi Mei (2009) Pengaruh persepsi mengenai jurusan dan aspirasi karir terhadap motivasi belajar dan dampaknya terhadap prestasi siswa kelas III SMK PGRI 6 Malang / Santi Mei Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persepsi mengenai jurusan sangatlah penting karena mempengaruhi pandangan seorang siswa terhadap jurusan yang dimasukinya. Persepsi mengenai jurusan yang baik menjadikan siswa akan lebih termotivasi untuk meningkatkan prestasi belajarnya di sekolah. Selain adanya persepsi mengenai jurusan setiap siswa mempunyai aspirasi karir yang berbeda-beda. Hal ini terkait dengan saat siswa mengambil keputusan memilih suatu jurusan di SMK. Tentunya juga didasari dengan prospek kerja yang akan dijalaninya kelak. Kedua hal inilah yang nantinya akan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang pada akhirnya berdampak pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi mengenai jurusan terhadap motivasi belajar siswa (2) pengaruh aspirasi karir terhadap prestasi belajar siswa (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (4) pengaruh tidak langsung persepsi mengenai jurusan dan aspirasi karir terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang dilakukan pada 114 siswa kelas III SMK PGRI 6 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi mengenai jurusan dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 293 (2) aspirasi karir siswa berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 287 (3) motivasi belajar siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 341 (4) persepsi mengenai jurusan dan aspirasi karir siswa berpengaruh pada prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa sebesar 0 921 Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan adalah (1) guru mampu memberikan penjelasan secara jelas tentang jurusan yang dimasuki siswa agar siswa memiliki persepsi yang positif sehingga siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. (2) guru diharapkan bisa memberikan penjelasan pekerjaan yang cocok dengan jurusan yang dipilihnya harapannya setelah siswa mengetahui pekerjaan yang cocok dengan jurusan yang dipilihnya maka siswa akan selalu termotivasi untuk belajar dan (3) siswa diharapkan selalu meningkatkan motivasi belajarnya karena motivasi belajar yang tinggi merupakan salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan prestasi belajar. Selain itu siswa hendaknya selalu memiliki persepsi yang positif mengenai jurusan yang telah dipilihnya serta siswa mempunyai aspirasi karir yang baik pula agar dapat selalu merasa menyenangkan melalui proses belajar mengajar sekolah sehingga prestasi belajar dapat tercapai secara optimal (4) Bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas misalnya latar belakang sosial ekonomi lingkungan sosial siswa atau minat siswa sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27626

Actions (login required)

View Item View Item