Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dan upaya peningkatannya (Studi deskriptif di SMK Muhammadiyah 03 Singosari) / Finisica Dwijayati Patrikha

Patrikha, Finisica Dwijayati (2009) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dan upaya peningkatannya (Studi deskriptif di SMK Muhammadiyah 03 Singosari) / Finisica Dwijayati Patrikha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang berasal dari diri siswa (faktor internal) maupun dari luar siswa (faktor eksternal). Faktor internal diantaranya adalah minat, bakat, motivasi, tingkat intelegensi. Sedangkan faktor eksternal diantaranya adalah faktor metode pembelajaran dan lingkungan baik berasal dari lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Selain faktor lingkungan keluarga dan sekolah faktor eksternal melingkupi sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Upaya peningkatan kualitas pendidikan pembelajaran dapat merujuk pada proses belajar dan mengajar. Salah satu upaya untuk meningkatkan proses belajar dan mengajar adalah dengan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk Pertama mengetahui beberapa upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di SMK Muhammadiyah 03 Singosari, Kedua mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa menurut sudut pandang guru di SMK Muhammadiyah 03 Singosari, dan Ketiga Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa menurut sudut pandang siswa di SMK Muhammadiyah 03 Singosari. Subyek dalam penelitian deskriptif ini adalah 16 orang guru mata diklat Administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 03 Singosari-Malang, serta siswa kelas XI bidang keahlian Bisnis dan Manajemen di SMK Muhammadiyah 03 Singosari-Malang yang terdiri dari 28 siswa kelas XI Apk 1, 31 siswa kelas XI Apk 2, 25 siswa kelas XI Ak 1, serta 28 siswa kelas XI Ak 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, tergolong tinggi dan pemberian motivasi lebih kepada motivasi positif. (2)Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa menurut sudut pandang guru secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata 3,27 yang berarti menurut sudut pandang guru sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa. (3)Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Menurut Sudut Pandang Siswa secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata 3,26 berarti menurut sudut pandang siswa sangat mempengaruhi motivasi belajar mereka. Berdasarkan penelitian diatas maka diharapkan agar hasil penelitian ini dapat menjadi referensi untuk mengadakan penelitian berikutnya, dengan memperluas subyek penelitian. Dengan demikian hasil yang diharapkan dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan temuan penelitian yang lebih berarti dan lebih bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27625

Actions (login required)

View Item View Item