Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada mata diklat menagih pembayaran siswa kelas XI PJ 2 SMK Negeri 1 Turen / Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada mata diklat menagih pembayaran siswa kelas XI PJ 2 SMK Negeri 1 Turen / Wulandari

Wulandari (2009) Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada mata diklat menagih pembayaran siswa kelas XI PJ 2 SMK Negeri 1 Turen / Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKSI Wulandari. 2009. Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar pada Mata Diklat Menagih Pembayaran Siswa Kelas XI Pj 2 SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Hermawan M.Si M. Bus. (II) Dr. Ludi Wishnu W ST SE S.Pd M. M. Kata Kunci Metode Pemberian Tugas Minat Belajar Hasil Belajar. Fenomena praktik kegiatan pembelajaran menagih pembayaran di SMK Negeri 1 Turen selama ini cenderung terpusat pada guru (teacher centered) yang didominasi oleh metode ceramah sehingga siswa mengalami kejenuhan dan mengantuk di kelas. Siswa kurang aktif dalam kelas dan kurang memberi kesempatan pada siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan minat siswa sangat rendah. Hal ini juga menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM) secara keseluruhan. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan minat siswa adalah metode pemberian tugas. Metode pemberian tugas tujuan agar siswa mendapat hasil belajar yang lebih baik karena siswa melaksanakan latihan-latihan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Dengan demikian siswa mendapat pengalaman langsung dalam mempelajari sesuatu mendalaminya dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai dan mencari tahu tentang pokok-pokok yang ditugaskan guru. Jadi metode pemberian tugas bertujuan untuk mengaktifkan siswa untuk belajar mandiri memupuk inisiatif dan bertanggung jawab. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Turen pada semester gasal tahun pelajaran 2008/2009 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Pj 2 SMK Negeri 1 Turen dan dilaksanakan pada 10 Novemberl 2008 sampai dengan 27 November 2008. Analisis data yang digunakan meliputi tahap mereduksi data menyajikan data verifikasi data atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pemberian tugas dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan minat dan hasil belajar guru memberikan motivasi selama kegiatan pembelajaran pada siswa dalam hal ini belajar secara secara kelompok dengan mendorong siswa untuk saling bekerjasama secara efektif selain itu memberikan motivasi untuk meningkatkan hasil belajar baik tidak hanya dari nilai evaluasi tetapi juga sikap siswa selama pembelajaran. Persentase skor rata rata minat siswa berdasarkan lembar observasi pada siklus I sebesar 59% meningkat pada siklus II menjadi 70 6% kemudian meningkat pada siklus III menjadi 77 6% sedangkan berdasarkan angket skor yang diperoleh sebelum diterapkan metode pemberian tugas sebesar 3 03 dan meningkat setelah diterapkan metode menjadi 4 1. Untuk i hasil belajar siswa persentase rata rata nilai hasil belajar aspek kognitif secara individual meningkat dari 72 6% pada siklus I menjadi 75 5% pada siklus II kemudian meningkat pada siklus III sebesar 84 5%. Sedangkan persentase rata- rata hasil belajar secara klasikal meningkat dari 52 3% pada siklus I menjadi 73 8% pada siklus II dan 95 2% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X Pj 2 SMK Negeri 1 Turen. Penerapan metode ini disarankan sebaiknya guru lebih menekankan agar siswa tepat waktu dalam menyelesaikan tugas penerapannya tidak hanya dilakukan dalam kelas menciptakan iklim kelas yang kondusif serta memperhatikan perannya dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27623

Actions (login required)

View Item View Item