Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata diklat menagih pembayaran siswa kelas XI penjualan SMK Negeri 1 Turen / Sindy Paramita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata diklat menagih pembayaran siswa kelas XI penjualan SMK Negeri 1 Turen / Sindy Paramita

Paramita, Sindy (2009) Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata diklat menagih pembayaran siswa kelas XI penjualan SMK Negeri 1 Turen / Sindy Paramita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan suatu bangsa. Oleh karena itu bidang pendidikan merupakan salah satu sektor yang mendapat perhatian dari pemerintah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional yang telah dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan melakukan penyempurnaan kurikulum dari KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) yang telah disempurnakan menjadi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) pada tahun 2004 dan 2006. Dengan penyempurnaan kurikulum maka proses pembelajaran harus didukung oleh metode pembelajaran yang berkualitas. Salah satu metode tersebut adalah model pembelajaran problem solving. Melalui model pembelajaran problem solving siswa diwajibkan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator. Kenyataan di lapangan bahwa dalam prakteknya proses pembelajaran mata diklat Menagih Pembayaran kelas XI Penjualan SMK Negeri 1 Turen masihdidominasi oleh metode ceramah penugasan serta diskusi yang materinya masih terbatas pada modul pembelajaran. Proses pembelajaran yang monoton berakibat pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat menambah variasi pembelajaran adalah model pembelajaran problem solving yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1)perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem solving (2) untuk mengetahui peningkatakan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran problem solving (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran problem solving (4) untuk mengetahui hambatan yang muncul dalam penerapan model pembelajaran problem solving. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Penjualan SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 41 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar observasi tes catatan lapangan dan pedoman wawancara.Sedangkan analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Deskripsi penerapan model pembelajaran problem solving dalam pelaksanaannya terdiri dari (a) tahap awalii yaitu peneliti melakukan aktivitas rutin dalam setiap awal tatap muka serta memberikan pre test untuk mengetahui tingkat pemahaman awal siswa terhadap materi sebelum diberi tindakan (b) tahap inti yaitu penerapan model pembelajaranproblem solving yang terdiri dari 6 tahapan yaitu merumuskan masalah menelaah masalah merumuskan hipotesis mengumpulkan dan mengelompokkan data sebagai bahan pembuktian pembuktian hipotesis menentukan pilihan penyelesaian (c) tahap akhir yaitu peneliti memberikan post test untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi setelah dilakukan tindakan (2) Peningkatan motivasi siswa dari hasil observasi sebesar 17% sedangkan dari angket motivasi sebesar 0 22 atau 22% (3) Hasil belajar siswa mengalamipeningkatan sebesar 9 26. Dimana hasil belajar siswa pada siklus I adalah 77 56 dan pada siklus II hasil belajar siswa adalah 86 82 (4) Hambatan yang munculdalam penerapan pembelajaran model problem solving yaitu (a) kurangnya penguasaan materi sebelumnya yang berhubungan dengan Melakukan Kontak dengan Pelanggan (b) siswa belum terbiasa belajar dengan model pembelajaran Problem Solving dan (c) siswa belum berani dalam mengungkapkan ide-ide yang dimiliki. Solusi dalam mengatasi kendala selama pelaksanaan pembelajaran Problem Solving yaitu (a) Memberi pertanyaan pada siswa tentang materi sebelumnya memberi poin tambahan bagi siswa yang aktif baik bertanya menanggapi dan menjawab pertanyaan (b) meminta siswa agar lebih memperhatikan penjelasan pembahasan diskusi dan memotivasi siswa untuk berani dan percaya diri dalam mengemukakan pendapat (c) meningkatkan pengelolaan kelas sehingga tercipta suasana kelas yang menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI Penjualan SMK Negeri 1 Turen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat diberikan saran yaitu (1) Bagi SMK Negeri 1 Turen khususnya dalam hal ini adalah Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Turen hendaknya lebih menghimbau mendorong serta mengusahakan peningkatan kualitas dan keterampilan guru terutama dalam penggunaan model pembelajaran yang lebih bervariatif khususnya penerapan model pembelajaran Problem Solving. Peningkatan kualitas dan keterampilan guru dapat dilakukan melalui pengiriman guru-guru untuk mengikuti diklat tentang profesi guru mengadakan koordinasi sertifikasi dll. (2) Guru mata diklat Menagih Pembayaran disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Problem Solving dalam rangka meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (3) Penerapan dan pelaksanaan model pembelajaran Problem Solving hendaknya lebih variatif misalnya dengan mengajak para siswa terjun langsung ke lapangan untuk mengamati obyek yang dipelajari (4) Permasalahan yang digunakan dalam model pembelajaran Problem Solving hendaknya lebih aktual dan beragam (5) Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapakan model pembelajaran Problem Solving pada mata diklat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27619

Actions (login required)

View Item View Item