Penggunaan media lagu untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas III A MI Al-qur'an Singosari / Lulu' Fatiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media lagu untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas III A MI Al-qur'an Singosari / Lulu' Fatiah

Fatiah, Lulu' (2022) Penggunaan media lagu untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas III A MI Al-qur'an Singosari / Lulu' Fatiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam kurikulum sekolah Islam bahasa Arab menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang dipelajari siswa. Penggunaan media sangat diperlukan untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap kosakata karena dengan media siswa menjadi lebih semangat dalam mempelajari bahasa Arab. Untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa dibutuhkan media yang menyenangkan dan dapat menumbuhkan keaktifan siswa. Dalam hal ini media lagu menjadi media yang tepat dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media lagu dalam pembelajaran bahasa Arab dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dari penggunaan media lagu terhadap siswa kelas III A MI Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan selama 2 pertemuan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 24 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan media lagu pada pembelajaran bahasa Arab berjalan dengan menyenangkan dan membuat siswa berperan aktif selama proses kegiatan belajar. Penggunaan media lagu dalam pembelajaran bahasa memberikan peningkatan dalam (1) Keaktifan peserta didik (2) Kemampuan peserta didik dalam memahami mufradat mengetahui arti dari setiap mufradat serta cara pelafalan yang baik dan benar. Peningkatan hasil belajar peserta didik selama menggunakan media lagu mengalami peningkatan yaitu Pada siklus 1 persentase siswa yang lulus sebesar 67% dengan jumlah 14 siswa. Pada siklus 2 siswa yang berhasil mencapai target nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal bertambah menjadi 20 siswa. Persentase nilai tersebut didapati mencapai 83%. Dengan demikian penggunaan media lagu (nyanyian) sebagai media pembelajaran bahasa Arab telah memberikan pengaruh untuk meningkatkan kemampuan mufradat siswa kelas III A MI Al-Qur rsquo an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2022 04:29
Last Modified: 23 Apr 2024 03:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276188

Actions (login required)

View Item View Item