Pembelajaran membaca kitab kuning dengan metode yahtadi di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Lumajang / Dewi Robi'atul Adawiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran membaca kitab kuning dengan metode yahtadi di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Lumajang / Dewi Robi'atul Adawiyah

Adawiyah, Dewi Robi'atul (2022) Pembelajaran membaca kitab kuning dengan metode yahtadi di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Lumajang / Dewi Robi'atul Adawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hadirnya metode Yahtadi merupakan salah satu solusi untuk mempermudah pembelajaran membaca kitab kuning. Di dalamnya terdapat gabungan dari berbagai metode membaca kitab seperti Al-Miftah Amtsilati Safinda dll. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi (penialaian) pembelajaran membaca kitab kuning dengan metode Yahtadi di PP. Hidayatul Mubtadiin Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus. Data diperoleh dari wawancara observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini ialah guru (ustadz) dan santri PP. Hidayatul Mubtadiin Lumajang. Tahapan analisa datanya pengumpulan data reduksi data penyajian dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran kitab kuning antara lain merumuskan tujuan menentukan pengalaman belajar perencanaan kegiatan dan perencanaan evaluasi. (2) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pertama pembukaan yakni guru mengucapkan salam menyapa santri dan melakukan presensi kehadiran. Selanjutnya guru memimpin do rsquo a dengan bertawassul kedua kegiatan inti yakni i) guru menyampaikan materi sebagaimana perencanaan dan buku panduan ii) santri meniru materi yang diucapkan guru dan mengulanginya 3-4 kali iii) guru menjelaskan materi-materi pelajaran sesuai dengan tingkatan murid dan batasannya iv) Guru memberikan contoh kalimat untuk dibaca bersama dimaknai dianalisis kedudukan kalimat dan dijelaskan maksudnya v) santri melakukan analisis kalimat sesuai dengan materi vi) Guru memberikan latihan sebagai bentuk evaluasi individual vii) santri mengerjakan latihan viii) santri membaca bacaan kitab untuk pemantaban materi. (3) evaluasi dilaksanakan melalui 2 cara yakni pertama tes yang meliputi lisan dan tulis dan kedua nontes yang meliputi observasi wawancara dan angket.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276185

Actions (login required)

View Item View Item