Peningkatan kosakata Bahasa Arab dengan menggunakan strategi menyanyi di PPQ Nurul Huda Singosari / Muhhamad Abdulloh Kafabih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kosakata Bahasa Arab dengan menggunakan strategi menyanyi di PPQ Nurul Huda Singosari / Muhhamad Abdulloh Kafabih

Kafabih, Muhammad Abdulloh (2022) Peningkatan kosakata Bahasa Arab dengan menggunakan strategi menyanyi di PPQ Nurul Huda Singosari / Muhhamad Abdulloh Kafabih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi awal kepada santri di PPQ Nurul Huda Singosari bahwa dari 23 santri 13% (3 santri) sudah mampu mengusai kosakata bahasa Arab dan 87% (20 santri) belum mampu mengusai kosakata bahasa Arab. Kondisi ini disebabkan karena pemilihan strategi yang kurang sesuai dalam penyampaian pembelajaran tentang kosakata bahasa Arab serta pendidikan heterogen dari pendidikan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pembelajaran kosakata bahasa Arab menngunakan strategi menyanyi 2) mendeskripsikan peningkatan kosakata bahasa Arab dengan menggunakan strategi menyanyi bagi santri di PPQ Nurul Huda Singosari. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Tagart yang terdiri atas dua siklus dengan empat tahapan yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian santri PPQ Nurul Huda Singosari sebanyak 23 santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan strategi menyanyi diawali dengan perencanaan pembelajaran dilakukan dengan cara menyiapkan materi menyusun RPP dan menyiapkan latihan soal. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan awal inti dan penutup yang berpedoman pada RPP yang terdiri dari 2 pertemuan pada siklus I dan 2 pertemuan pada siklus II. Dalam Implementasi yang dilaksanakan di PPQ Nurul Huda mengalami peningkatan terhadap hasil belajar santri. Hal tersebut dibuktikan dari presentase keberhasilan belajar pada siklus I yaitu 43 5% dan pada siklus II yaitu 87%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi menyanyi dapat meningkatkan kosa kata bahasa Arab santri di PPQ Nurul Huda Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276183

Actions (login required)

View Item View Item