Ragam dan tujuan kalimat berita dalam kitab ya binti karya syekh ali tantawi / Fina Rizqina Mardhotillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Ragam dan tujuan kalimat berita dalam kitab ya binti karya syekh ali tantawi / Fina Rizqina Mardhotillah

Mardhotillah, Fina Rizqina Mardhotillah (2022) Ragam dan tujuan kalimat berita dalam kitab ya binti karya syekh ali tantawi / Fina Rizqina Mardhotillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kalimat berita (kalam khabari) merupakan salah satu kajian ilmu ma rsquo ani yang memiliki makna yang luas dan mendalam. Objek pembahasan kalam khabari seringkali berupa ayat Al Qur rsquo an dan Hadist. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan tujuan kalam khabari dalam kitab Ya Binti karya syekh Ali Tantawi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan cara pengumpulan data reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) 63 kalam khabari dalam kitab Ya Binti (2) Berdasarkan jenisnya terbagi menjadi 22 khabar ibtidai 28 khabar thalabi serta 13 khabar inkari (3) Berdasarkan tujuannya terdapat tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum diantaranya 58 faidatul khabar dan 5 lazimul faidah. Sedangkan berdasarkan tujuan khusus terdapat 13 li at tahdzir 12 li idhari at ta rsquo assuf wa at tahassur 10 li al amru 9 li at tadzkir 6 li at tansyit wa tahrik al himam 2 li an nahyi 2 listirham. 1 li idhari ad dha rsquo fi wa al khusu rsquo 1 li idhari al farhi wa al surur dan 1 li al fakhr. (4) kalam khabari merupakan salah satu kalam yang sesuai jika digunakan dalam konteks menasehati baik berupa memerintah memperingatkan melarang sampai memotivasi karena tidak terkesan menggurui serta dampak (atsar) dari kalam khabari tersebut akan lebih sampai kepada mukhatab. Sehingga dalam konteks-konteks tersebut tidak selalu menggunakan kata perintah ataupun larangan (non berita).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276182

Actions (login required)

View Item View Item