Nurdiana, Yeni (2009) Pengaruh fasilitas dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang / Yeni Nurdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan/atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat. Keunggulan suatu bangsa tidak lagi bertumpu pada kekayaan alam melainkan pada keunggulan sumber daya manusia yaitu tenaga pendidik yang mampu menjawab tantangan-tantangan yang sangat cepat. Mutu sumber daya yang rendah ini merupakan suatu hambatan dalam persaingan di dunia internasional. Hal ini memacu kita terutama pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan agar dapat menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang unggul. Mutu sumber daya manusia dapat ditingkatkan dari proses belajar siswa di sekolah. Faktor yang menentukan keberhasilan antara lain dengan adanya fasilitas belajar yang memadai dan kebiasaan belajar yang baik yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) pengaruh fasilitas dan kebiasaan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang (2) pengaruh fasilitas dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang (3) variabel bebas (fasilitas dan kebiasaan belajar) yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel terikat (prestasi belajar). Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 602 siswa. Jumlah sampel yang diambil adalah 60 orang yang diperoleh 10% dari populasi penelitian.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode proportional random sampling. Teknik ini dipilih dengan alasan agar sampel dapat menggambarkan seluruh populasi karena sampel diambil dari tiap-tiap kelas secara acak. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program komputer SPSS Versi 14.0 for Windows agar hasil yang diperoleh lebih akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas dan kebiasaan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang terdapat pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang dan fasilitas belajar berpengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar pihak sekolah mengambil kebijakan yang berhubungan dengan pengadaan fasilitas belajar melalui dana yang diberikan oleh pemerintah ke sekolah guru lebih mendorong siswa agar membiasakan belajar yang baik siswa lebih mengembangkan potensi dengan adanya dukungan fasilitas belajar yang memadai dan kebiasaan belajar yang benar orang tua lebih memperhatikan kebiasaan belajar anaknya agar prestasi belajar meningkat peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan lebih banyak kontribusinya terhadap prestasi itu. Misalnya lingkungan masyarakat lingkungan sekolah latar belakang keluarga inteligensi motivasi dan lain-lain. Sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dapat digali dan dikaji secara optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |