Motivasi belajar Bahasa Arab siswa MI Al-qur'an Singosari (studi komparatif siswa yang tinggal di Pondok Pesantren dengan yang tinggal di rumah) / ANIS HABIBATUR ROCHMAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi belajar Bahasa Arab siswa MI Al-qur'an Singosari (studi komparatif siswa yang tinggal di Pondok Pesantren dengan yang tinggal di rumah) / ANIS HABIBATUR ROCHMAH

Rochmah, Anis Habibatur (2022) Motivasi belajar Bahasa Arab siswa MI Al-qur'an Singosari (studi komparatif siswa yang tinggal di Pondok Pesantren dengan yang tinggal di rumah) / ANIS HABIBATUR ROCHMAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

MI al-Qur'an Singosari memiliki siswa berlatarbelakang tinggal di pesantren dan tinggal di rumah. Berdasarkan rata-rata hasil belajar bahasa Arab siswa yang tinggal di ponpes sebesar 79 93 dan siswa yang tinggal di rumah 86 48 ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang tinggal di rumah lebih bagus dibandingkan siswa yang tinggal di ponpes. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi perbedaan motivasi belajar bahasa Arab siswa yang tinggal di ponpes dan yang tinggal di rumah serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Mix method model sequential explanatory digunakan dengan populasi siswa kelas 2-5 sebanyak 138 siswa dengan 69 responden setiap kelompoknya melalui teknik dokumentasi angket observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui SPSS 20.0 dengan uji independent sample t-test kuantitatif deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) pada motivasi belajar bahasa Arab siswa MI al-Qur'an antara siswa yang tinggal di ponpes dengan yang tinggal di rumah yakni 0 183 gt 0 05 maka dapat disimpulkan diterima dan ditolak bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar bahasa Arab siswa MI al-Qur'an Singosari antara siswa yang tinggal di ponpes dengan siswa yang tinggal di rumah dan didapatkan 79 92% dengan kriteria sedang pada siswa yang tinggal di ponpes dan 82 27% dengan siswa yang tinggal di rumah. Faktor-faktor yang mempengaruhinya meliputi faktor pembelajaran di lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:29
Last Modified: 06 Apr 2023 04:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276178

Actions (login required)

View Item View Item