Jamak taksir dan terjemahannya dalam serial kartun Salahuddin Al-Ayyubi / Luthfiah Hafsan - Repositori Universitas Negeri Malang

Jamak taksir dan terjemahannya dalam serial kartun Salahuddin Al-Ayyubi / Luthfiah Hafsan

Hafsah, Lutfiah (2022) Jamak taksir dan terjemahannya dalam serial kartun Salahuddin Al-Ayyubi / Luthfiah Hafsan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerjemahan jamak taksir perlu disesuaikan dengan aturan gramatikal bahasa Indonesia. Namun konsep jamak dalam bahasa Indonesia yang bervariasi menjadi kendala dalam menentukan bentuk terjemahan jamak taksir tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan wazan jamak taksir dan terjemahannya pada serial kartun Salahuddin Al-Ayyubi serta mendeskripsikan cara penerjemahan jamak taksir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian bersumber dari serial kartun Arab Salahuddin Al-Ayyubi beserta teks terjemahannya yang berjumlah 15 episode. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak catat. Data jamak taksir dinalisis melalui dua aspek yaitu aspek morfologis dan semantis. Berdasarkan penelitian total jamak taksir pada serial kartun Salahudin Al Ayyubi berjumlah 143 data. Jamak qillah memiliki 36 data yang mengikuti 3 bentuk wazan. Adapun jamak katsrah memiliki 61 data yang mengikuti 11 bentuk wazan. Sedangkan sighat muntahal jumu memiliki 46 data yang mengikuti 10 bentuk wazan. Jamak taksir pada serial kartun Salahuddin Al-Ayyubi diterjemahkan dengan 5 bentuk yaitu 1) Kata ulang bentuk nomina 2) Numeralia diikuti kata tunggal 3) Numeralia tak tentu diikuti kata tunggal 4) Kata tunggal didahului penanda jamak dan 5) Kata tunggal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276173

Actions (login required)

View Item View Item