Peningkatan keterampilan menulis huruf hijaiyyah melalui media kartu bergambar pada siswa TK El Mu'jizah Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis huruf hijaiyyah melalui media kartu bergambar pada siswa TK El Mu'jizah Malang

Amelia, Alfianti (2022) Peningkatan keterampilan menulis huruf hijaiyyah melalui media kartu bergambar pada siswa TK El Mu'jizah Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di TK El Mu rsquo jizah Malang mengalami kendala dalam keterampilan menulis huruf hijaiyyah bersambung. Dimana mereka sudah dapat menulis huruf hijaiyyah yang terpisah akan tetapi kurang dalam memahami bagaimana menulis huruf hijaiyyah bersambung dikarenakan waktu untuk latihan dan belajar bahasa Arab yang sangat minim dan kurangnya fasilitas media pembelajaran atau alat pembelajaran. Pada penelitian sebelumnya media kartu bergambar dapat menunjang hasil belajar bahasa Arab siswa maka peneliti menggunakan media kartu bergambar untuk menunjang hasil belajar keterampilan menulis huruf hijaiyyah bersambung pada anak TK El Mu rsquo jizah Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran menggunakan media kartu bergambar dan menunjang kemampuan menulis huruf hijaiyyah bersambung pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan penelitian tindak kelas (PTK) dengan memakai tahapan siklus demi siklus diawali dengan rencana tindakan observasi dan refleksi. Lokasi penelitian di TK El Mu rsquo jizah Malang subjek yang diteliti 13 siswa kelompok B tahun ajaran 2022/2023. Data yang didapatkan dalam penelitian ini melalui wawancara obserevasi dan tes. Disimpulkan bahwa hasil dari siklus II meningkat dibandingkan hasil siklus I dengan pencapaian hasil pada setiap indikator yang sesuai dengan haparan peneliti. Penggunaan media pada siklus I masih dalam tahap adaptasi dan pada siklus II mendapatkan hasil bahwa media kartu bergambar dapat menunjang pseserta didik dalam belajar menulis huruf hijaiyyah bersambung. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa penggunaan media kartu bergambar dipadukan dengan permainan serta latihan yang diberikan dapat menunjang pemahaman peserta didik. Pemakaian media kartu bergambar menunjang hasil belajar peserta didik dalam menulis huruf hiajiyyah bersambung pada siklus I mendapatkan hasil BSB 38 46% dan siklus II mendapatkan hasil BSB 76 92%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 03:21
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276152

Actions (login required)

View Item View Item