Persepsi dan pemahaman guru Program Keahlian Penjualan dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMK Bisnis dan Manajemen se-kota Malang / Murtika Andria Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan pemahaman guru Program Keahlian Penjualan dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMK Bisnis dan Manajemen se-kota Malang / Murtika Andria Lestari

Lestari, Murtika Andria (2010) Persepsi dan pemahaman guru Program Keahlian Penjualan dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMK Bisnis dan Manajemen se-kota Malang / Murtika Andria Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sumber daya manusia Indonesia pada saat ini berada sangat jauh dibawah negara-negara tetangga atau dapat dikatakan tidak lagi kompetitif. Salah satu yang mempengaruhi rendahnya sumber daya manusia adalah faktor pendidikan. Oleh karena itu harus ada pembaharuan dalam bidang pendidikan. Upaya peningkatan kualitas pendidikan terus-menerus dilakukan baik secara konvensional maupun inovatif. Dalam pembaharuan pendidikan ada tiga isu utama yang perlu disoroti salah satu diantaranya adalah pembaharuan kurikulum dan kurikulum pengganti yang dianggap lebih baik yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam KTSP guru sebagai tenaga pendidik merupakan penentu berhasil tidaknya kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kemampuan guru sangatlah penting dalam mengembangkan merencanakan melaksanakan dan melakukan evaluasi atau penilaian pembelajaran. Oleh karena itu kemampuan guru dalam memahami mempersepsikan dan melaksanakan kurikulum sangatlah penting. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi dan pemahaman guru terhadap KTSP. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui tingkat pemahaman guru terhadap KTSP (2) Mengetahui persepsi guru dalam pengimplementasian KTSP dan (3) Mengetahui tingkat kesiapan guru dalam pengimplementasian KTSP. Penelitian tentang persepsi dan pemahaman guru terhadap KTSP ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitiannya adalah guru-guru program keahlian penjualan di SMK Bisnis dan Manajemen se-Kota Malang yaitu sebanyak 38 orang guru dari 8 SMK se-Kota Malang (SMKN I Malang SMK PGRI 2 Malang SMK PGRI 6 Malang SMK Ardjuna 1 Malang SMK Ardjuna 2 Malang SMK Muhammadiyah 2 Malang SMK Sriwedari SMK Wisnuwardhana). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) 77 1% responden memiliki tingkat pemahaman sedang terhadap KTSP dengan nilai rata-rata 6 60. (2) 94 3% responden memiliki tingkat persepsi sedang dalam mengimplementasikan KTSP dengan nilai rata-rata 11 34. (3) 100% responden memiliki tingkat kesiapan yang tinggi dalam mengimplementasikan KTSP dengan nilai rata-rata 111 57. Berdasarkan temuan penelitian disarankan agar Depdiknas melakukan sosialisasi kepada para guru tentang KTSP kepala sekolah agar mengadakan studi banding ke sekolah yang telah menerapkan KTSP dengan baik agar dapat mencontoh pelaksanaan KTSP di sekolah tersebut guru agar lebih aktif mengikuti diklat tentang KTSP dan mencari sumber-sumber yang terkait tentang KTSP bagi pembaca agar memberikan kritik serta saran yang bersifat membangun untuk penyempurnaan penelitian lanjutan tentunya yang terkait tentang KTSP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27614

Actions (login required)

View Item View Item