Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Bojonegoro / Anang Mustahmid Nur Rohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Bojonegoro / Anang Mustahmid Nur Rohman

Rohman, Anang Mustahmid Nur (2009) Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Bojonegoro / Anang Mustahmid Nur Rohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustahmid Anang N. 2008. Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kelas XI di SMK Negeri 1 Bojonegoro. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Tataniaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Mugianto SE M.Si (II) Drs. Moh. Hari M.Si. Kata Kunci Pemanfaatan Fasilitas Belajar Motivasi Belajar Prestasi Belajar Pendidikan merupakan suatu yang penting dan dianggap paling utama dalam kehidupan manusia dan dapat memberi bekal hidup kepada peserta didik dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehubungan dengan itu maka sudah menjadi kewajiban bagi lembaga pendidikan di Indonesia untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut baik lembaga pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan sekolah merupakan lembaga yang mempunyai tujuan pembelajaran yang sangat penting bagi peningkatan kualitas sumber daya menusia (SDM). Sebagai tempat proses belajar mengajar sekolah harus menyediakan fasilitas belajar yang menunjang untuk berlangsungnya proses belajar tersebut. Kondisi itu diantaranya adalah menyediakan sarana dan prasarana agar dapat menemukan berbagai pengetahuan yang dibutuhkan dan juga melibatkan siswa dalam proses belajar tersebut. Dalam kegiatan proses belajar mengajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan dapat memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tercapai tujuan yang dikehendaki. Motivasi belajar dapat dilihat dari karakteristik tingkah laku siswa yang menyangkut minat ketajaman perkataan ketajaman konsentrasi aktivitas dan partisipasi dalam proses pembelajaran. Meskipun baiknya potensi anak yang meliputi kemampuan intelektual atau bakat siswa dan materi yang akan diajarkan namun apabila tidak dibarengi dengan motivasi belajar siswa maka proses belajar mengajar tidak akan berlangsung optimal. Selain itu tujuan motivasi adalah untuk menggerakkan atau memacu para siswanya agar timbul keinginan dan kemauan untuk meningkatkan prestasi belajarnya sehingga tercapai tujuan pendidikan sesuai dengan yang diharapkan dan ditetapkan dalam kurikulum sekolah. Dengan adanya pemanfatan fasilitas belajar dan motivasi belajar dapat dilihat perubahan prestasi yang akan diraih oleh siswa-siswi di sekolah. Prestasi belajar dapat diartikan sebagai hasil yang diperoleh seorang siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu atau setelah menyelesaikan program tertentu. Prestasi belajar juga merupakan bukti keberhasilan usaha yang dicapai sedangkan belajar memiliki suatu proses mental yang mempengaruhi pada penguasaan pengetahuan kecakapan kebiasaan atau sikap yang semuanya diperoleh disimpan dan dilakukan sehingga menimbulkan tingkah laku. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa prestasi belajar adalah suatu nilai yang memajukan hasil yang dicapai siswa setelah melalui proses belajar. Berdasarkan rumusan masalah yang ada maka dapat diketahui tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah yang ada di SMK Negeri 1 Bojonegoro (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat motivasi siswa di SMK Negeri 1 Bojonegoro (3)Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Bojonegoro (4) Untuk menentukan besarnya pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Bojonegoro (5) Untuk menentukan besarnya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Bojonegoro (6) Untuk menentukan besarnya pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Bojonegoro. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menggambarkan tentang kondisi obyektif fasilitas belajar di sekolah motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Sedangkan analisis statistik inferensial yaitu regresi linier berganda atau ubahan untuk mengetahui besarnya pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Bojonegoro. Variabel bebas penelitian ini terdiri dari pemanfaatan fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2). Sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar siswa (Y) Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Bojonegoro yang berjumlah 292 siswa dan sampelnya sebesar 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Proportional Random Sampling. Dari pengolahan data melalui uji hipotesis dapat diketahui bahwa pada variabel pemanfaatan fasilitas belajar (X1) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar terbukti besaran probabilitas (Sig) t pada variabel pemanfaatan fasilitas belajar (X1) adalah 0 000 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pada variabel motivasi belajar secara parsial juga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar dengan besaran probabilitas (Sig) t pada variabel motivasi belajar (X1) adalah 0 000 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan secara simultan berdasarkan dari hasil uji F diketahui besaran probabilitas (Sig.) F 0 000 0 05 yang menunjukkan bahwa pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi belajar terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Bojonegoro. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan tidak hanya meneliti pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi belajar saja yang mempengaruhi prestasi belajar siswa tetapi masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa seperti faktor guru sebagai pendidik harus mampu menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan dengan metode pembelajaran kooperatif kemampuan IQ siswa ataupun keadaan kehidupan ekonomi serta faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa sehingga hasil penelitian lebih reliable dan dapat memperkuat teori serta penemuan yang telah ada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27613

Actions (login required)

View Item View Item