Pengaruh minat memilih program keahlian penjualan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar (Studi pada siswa program keahlian penjualan di SMK Negeri 1 Singajara - Bali) / Ria Ulfah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat memilih program keahlian penjualan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar (Studi pada siswa program keahlian penjualan di SMK Negeri 1 Singajara - Bali) / Ria Ulfah

Ulfah, Ria (2008) Pengaruh minat memilih program keahlian penjualan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar (Studi pada siswa program keahlian penjualan di SMK Negeri 1 Singajara - Bali) / Ria Ulfah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfah Ria. 2008. Pengaruh Minat Memilih Program Keahlian Penjualan dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar (Studi Pada Siswa Program Keahlian Penjualan di SMK Negeri 1 Singaraja-Bali). Skripsi . Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mugianto S.E M.Si (II) Dr. Ery Tri Djatmiko R.W.W. M.A. M.Si. Kata Kunci minat motivasi belajar prestasi belajar Pendidikan merupakan proses yang mendorong terjadinya perkembangan mental siswa oleh karena itu dalam usaha meningkatkan sumber daya manusia maka penyelenggaraan pendidikan harus memperhatikan kualitas dalam mengelola pendidikan secara efektif dan efisien. Hal ini dilakukan agar tercipta sumber daya manusia yang berkualitas handal dan berdaya saing tinggi dalam dunia kerja. Minat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan Prestasi belajar dimana minat merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih program keahlian di SMK. Besarnya minat seseorang terhadap suatu hal yang dapat digunakan sebagai pemacu keberhasilan demikian juga dengan minat untuk menentukan program keahlian yang dipilih akan mendorong siswa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi di program keahlian tersebut. Dalam dunia pendidikan motivasi sangat diperlukan agar siswa dapat belajar secara optimal motivasi merupakan faktor psikologis yang berfungsi menimbulkan mendasari mengarahkan perbuatan belajar. Motivasi bukan bukan saja menggerakkan tingkah laku tetapi juga mengarahkan dan memperkuat tingkah laku. Siswa yang termotivasi dalam belajar menunjukkan minat kegairahan dan ketekunan yang tinggi dalam belajar tanpa banyak tergantung pada guru. Minat bisa timbul karena adanya motivasi demikian juga motivasi bisa timbul karena adanya minat untuk mendalami suatu program keahlian. Minat dan motivasi merupakan dua hal yang sangat berpengaruh dalam pencapaian prestasi belajar siswa. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat minat siswa memilih program keahlian penjualan (2) Tingkat motivasi belajar (3) Tingkat prestasi belajar (4) Pengaruh minat memilih program keahlian penjualan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa program keahlian penjualan di SMK Negeri 1 Singaraja-Bali secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Program Keahlian Penjualan di SMK Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2007/2008 yaitu sebanyak 210 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 82 siswa. Hasil analisis menunjukkan (1) Tingkat minat siswa memilih program keahlian penjualan tergolong tinggi (42 7%) artinya siswa program keahlian penjualan di SMK Negeri 1 Singaraja mempunyai minat yang tinggi terhadap ii program keahlian yang dipilihnya (2) Tingkat motivasi belajar siswa tergolong tinggi (51 2%) artinya siswa program keahlian penjualan di SMK Negeri 1 Singaraja mempunyai motivasi belajar yang tinggi (3) Tingkat prestasi belajar siswa tergolong tinggi (46 3%) artinya rata-rata siswa program keahlian penjualan SMK Negeri 1 Singaraja mempunyai prestasi belajar yang baik (4) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh R sebesar 0 716 dan F sebesar 41 475 berada diatas batas penerimaan signifikasi Ftabel 3 35 (Fhitung Ftabel) ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara minat memilih program keahlian penjualan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar secara simultan. Sedangkan secara parsial diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat memilih program keahlian penjualan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Singaraja yang dibuktikan dengan nilai thitung (5 932) ttabel (2 00) dengan taraf signifikan 0 000 yang berada dibawah 0 05. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian adalah (1) Sekolah hendaknya mengadakan kegiatan akademis yang dapat menimbulkan minat siswa pada bidang penjualan khususnya kewirausahaan seperti mengadakan perlombaan bazar kewirausahaan yang diadakan tiap semester. Hal ini dilakukan agar guru tidak hanya mentransfer ilmu melainkan dapat menggugah minat berwirausaha kepada anak didiknya khususnya pada program keahlian penjualan (2) Setiap guru harusnya mampu menerapkan metode-metode mengajar yang baru agar dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam belajar (3) Optimalisasi pembelajaran dengan pendekatan learning by doing agar siswa tidak hanya menerima teori melainkan dapat melakukan aktivitas pekerjaan dalam situasi yang sebenarnya. Hal ini dilakukan agar dapat menghasilkan sikap proaktif dan kreatif sehingga siswa dapat lebih mengatasi permasalahan yang dihadapi dan selalu senang dalam belajar (4) Sekolah hendaknya lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan praktikum dan mengadakan perbaikan atau penggantian alat-alat praktek yang sudah tidak layak pakai/sudah rusak misalnya komputer mesin cash register dan peralatan-peralatan yang dipakai dalam kegiatan praktek agar dapat digunakan oleh siswa secara maksimal sehingga benar-benar bisa mengoperasikan mesin-mesin penunjang mata diklat yang diajarkan di sekolah khususnya di program keahlian penjualan (5)Untuk penelitian berikutnya yang ingin melakukan penelitian tentang pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar hendaknya tidak hanya menggunakan variabel dependen dan independen yang sama dengan penelitian ini tetapi dikembangkan dengan menggunakan variabel lain yang relevan dengan tujuan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Dec 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27609

Actions (login required)

View Item View Item