Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Malang / Aditya Fauzal Bahari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Malang / Aditya Fauzal Bahari

Bahari, Aditya Fauzal (2010) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Malang / Aditya Fauzal Bahari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bahari Aditya Fauzal. 2008. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri I Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Mulyoso S.E M.Si. (II) Rachmad Hidayat S Pd. Kata kunci pemanfaatan perpustakaan prestasi belajar. Pendidikan merupakan suatu yang penting dan dianggap paling utama dalam kehidupan manusia dan dapat memberi bekal hidup kepada peserta didik dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehubungan dengan itu maka sudah menjadi kewajiban bagi lembaga pendidikan di Indonesia untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut baik lembaga pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan sekolah merupakan lembaga yang mempunyai tujuan pembelajaran yang sangat penting bagi peningkatan kualitas sumber daya menusia (SDM). Sebagai tempat proses belajar mengajar sekolah harus menyediakan kondisi fasilitas belajar di sekolah yang menunjang untuk belangsungnya proses belajar tersebut. Fasilitas belajar yang sangat penting adalah perpustakaan dengan koleksi yang lengkap dan memadai laboratorium yang memenuhi syarat bengkel kerja komputer dan kondisi fisik lainnya. Perpustakaan sekolah memiliki arti yang cukup penting bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) karena dalam proses pembelajaran di di sekolah siswa tidak hanya mengandalkan materi yang disampaikan oleh guru di kelas tapi juga perlu mencari tambahan atau sumber-sumber pengetahuan lain yang dapat diperoleh dari perpustakaan sekolah sebagai salah satu penyedia media pembelajaran. Dengan membiasakan diri untuk berkunjung ke perpustakaan sekolah siswa akan menjadi gemar membaca yang dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Penelitian ini mengambil judul yaitu Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri I Malang . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Variabel yang diteliti yaitu pemanfaatan perpustakaan (x) dan prestasi belajar (y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMK Negeri I Malang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive proporsional sampling kemudian diambil 120 orang siswa-siswi sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa sedangkan dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang diperoleh dari nilai rapor. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan program SPSS 13 for Windows. 1 Berdasarkan analisis diperoleh nilai R 0 727 yang menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar adalah kuat karena angka ini berada di atas 0 5. Besar R square 0 525 menunjukkan bahwa 52 5 % perubahan variabel y (prestasi belajar) disebabkan oleh perubahan variabel x (pemanfaatan perpustakaan) sedangkan sisanya 47 5 % disebabkan oleh faktor lain di luar perubahan variabel pemanfaatan perpustakaan. Sehingga diperoleh persamaan regresi Y 6 780 0 011 x. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diketahui signifikansi t sebesar 0 000 dengan demikian dapat dilihat bahwa angka Sig. 0 000 0 05 sehingga dalam hal ini H0 ditolak koefisien regresi signifikan. Artinya variabel x (pemanfaatan perpustakaan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel y (prestasi belajar). Atau dengan kata lain Ha yang berbunyi ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa diterima.Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa siswa-siswi SMK Negeri I Malang mayoritas telah aktif dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah. Secara umum prestasi belajar siswa menunjukkan klasifikasi cukup baik. Hal ini salah satunya disebabkan karena siswa telah memanfaatkan perpustakaan sekolah dengan aktif. Dari uraian di atas maka dapat diketahui bahwa keberadaan perpustakaan dalam sebuah sekolah memiliki peranan yang cukup penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan demikian disarankan kepada guru untuk dapat lebih mengembangkan kemampuan membaca siswa dengan melaksanakan kunjungan ke perpustakaan bersama siswa serta memberikan tugas kepada siswa untuk mencari tambahan informasi di perpustakaan sebagai pengayaan atas materi yang telah diajarkan dan kepada para siswa hendaknya lebih mengoptimalkan keberadaan dari perpustakaan sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27607

Actions (login required)

View Item View Item