Pengembangan materi pembelajaran Nahwu untuk kelas 10 Idaman SMA An-Nur Bululawang Malang / Abdur Rahman Frima - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan materi pembelajaran Nahwu untuk kelas 10 Idaman SMA An-Nur Bululawang Malang / Abdur Rahman Frima

Frima, Abdur Rahman (2022) Pengembangan materi pembelajaran Nahwu untuk kelas 10 Idaman SMA An-Nur Bululawang Malang / Abdur Rahman Frima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Nahwu di beberapa lembaga formal kurang mendapatkan perhatian sehingga kelemahan siswa terhadap tata bahasa menjadi permasalahan paling kompleks dari sekian permasalahan bahasa Arab oleh karena itu urgensi pembelajaran Nahwu begitu besar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan pelajaran berupa materi Nahwu untuk kelas 10 Idaman SMA AN-NUR dan menguji tingkat kelayakan materi hasil pengembangan dalam pembelajaran Nahwu. Pengembangan bahan pelajaran dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis Design Development Implementation and Evaluation). Uji validitas produk hasil pengembangan dilakukan oleh validator ahli materi dan validator ahli media lalu diujicobakan pada sepuluh siswa kelas 10 Idaman yang telah mempelajari materi Nahwu dasar. Pengembangan ini menghasilkan produk berupa buku Nahwu Ibtida rsquo i yang mencakup beberapa materi Nahwu yaitu Isim Isyarah Isim Dhamir Adawatul Istifham Adad Tartiby Mufrad Mutsanna Jama rsquo Dzaraf Zaman dan Makan serta Sifat Mausuf. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan tersebut layak digunakan nilai hasil uji kelayakan materi 85% nilai hasil uji kelayakan media 81 3% dan nilai hasil uji keterbacaan oleh siswa 91 25%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276069

Actions (login required)

View Item View Item