Pengembangan monopoli bahasa arab untuk pembelajaran kosakata kelas ix madrasah tsanawiyah / Ariyani Dwi Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan monopoli bahasa arab untuk pembelajaran kosakata kelas ix madrasah tsanawiyah / Ariyani Dwi Larasati

Larasati, Ariyani Dwi Larasati (2022) Pengembangan monopoli bahasa arab untuk pembelajaran kosakata kelas ix madrasah tsanawiyah / Ariyani Dwi Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Monopoli bahasa Arab untuk pembelajaran kosakata merupakan hasil modifikasi dari monopoli bergambar berbagai negara menjadi kartu kosakata bahasa Arab. Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan pengembangan dan kelayakan monopoli bahasa Arab untuk pembelajaran kosakata kelas IX MTs. Dengan metode penelitian dan pengembangan yang bertujuan menghasilkan dan menguji kelayakan produk. Menggunakan model ADDIE yang meliputi tahap analisis dengan mewawancarai guru bahasa Arab dan perwakilan siswa kelas IX MTs Darussalam untuk memperoleh informasi permasalahan tentang kosakata. Tahap desain peneliti membuat prototipe monopoli bahasa Arab untuk pembelajaran kosakata. Tahap pengembangan peneliti mengembangkan prototipe hingga menjadi produk cetak dan memvalidasinya kepada guru bahasa Arab MTs Darussalam ahli materi dan ahli media. Tahap implementasi peneliti melakukan uji coba kepada 20 siswa kelas IX MTs. Adapun hasil pengembangan monopoli bahasa Arab untuk pembelajaran kosakata yaitu papan monopoli daftar pertanyaan petunjuk permainan kunci jawaban dan hasil kelayakan monopoli 94% aspek materi dan 94% aspek media dari guru bahasa Arab MTs Darussalam 88% dari ahli materi 90 6% dari ahli media dan setelah melakukan uji coba 96 6% dari 20 respon siswa kelas IX MTs Darussalam serta peningkatan nilai rata-rata siswa dari 50 menjadi 80. Sehingga Monopoli bahasa Arab untuk pembelajaran kosakata kelas IX Madrasah Tsanawiyah sangat layak sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276068

Actions (login required)

View Item View Item