Penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan penguasaan jumlah ismiyah siswa kelas VIII MTS Muhammadiyah 1 Kota Malang / Ahmad Imam Baihaqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan penguasaan jumlah ismiyah siswa kelas VIII MTS Muhammadiyah 1 Kota Malang / Ahmad Imam Baihaqi

Baihaqi, Ahmad Imam (2022) Penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan penguasaan jumlah ismiyah siswa kelas VIII MTS Muhammadiyah 1 Kota Malang / Ahmad Imam Baihaqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar siswa kelas 8 dalam pembelajaran jumlah ismiyah masih rendah. Terlihat dari nilai rata-rata pre-test siswa yaitu 21 425. Padahal siswa menerima materi jumlah ismiyah dari kelas VII hingga kelas VIII dengan porsi lebih banyak dibandingkan dengan materi qawaid lainnya. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata terbukti menjadi salah satu solusi meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran bahasa Arab termasuk Qawaid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media kartu kata dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran jumlah ismiyah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memberikan tindakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Kota Malang. Hasil penelitian ini yaitu (1) kartu kata digunakan dalam 3 model permainan yang dimainkan secara individu dan kelompok untuk meningkatkan penguasaan siswa dalam menjelaskan konsep jumlah ismiyah mengidentifikasi jumlah ismiyah dalam teks mengubah pola jumlah fi rsquo liyah menjadi jumlah ismiyah dan menggunakan kaidah jumlah ismiyah dalam kalimat dengan tema (2) Berdasarkan hasil pre-test dan post-test penggunaan kartu kata dapat meningkatkan penguasaan jumlah ismiyah siswa. Siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata post-test 1 dan post-test 2 secara berturut-turut yaitu 40.425 dan 82.55. Berdasarkan hasil observasi penggunaan kartu kata juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa terlihat lebih antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran jumlah ismiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276067

Actions (login required)

View Item View Item