Yasa, Nyoman Kartika (2010) Penerapan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 Penjualan pada mata diklat prinsip-prinsip pemasaran di SMK Pemuda 1 Kesamben / Nyoman Kartika Yasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kartika Yasa Nyoman. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 2 Penjualan Pada Mata Diklat Prinsisp-Prinsip Pemasaran di SMK Pemuda I Kesamben. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Sitti Amanah Widodo (II) Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang diterapkan mulai tahun 2004 bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa. Dengan peningkatan kompetensi diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia dapat meningkat. KBK dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual yang lebih menekankan pembelajaran berpusat kepada siswa (student Orientet) dan mengamati persoalan secara nyata di lapangan. Dengan pendekatan tersebut penerapan metode pembelajaran yang tepat sangat berguna untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi dengan pendekatan konstruktivisme dan metode tugas terstruktur. Metode diskusi dapat digunakan siswa untuk mencari alternativ pemecahan masalah dengan anggota kelompoknya. Metode Tugas Terstruktur memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dengan berbagai literature yang nantinya hasil kerja siswa akan diperiksa oleh guru utnuk mengetahui tingkat kebenaran jawaban siswa. Penelitian ini digunakan utuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diberi perlakuan metode diskusi dengan pendekatan konstruktivisme dan metode tugas terstruktur pada kelas 2 pj A dan B di SMK Pemuda I Kesamben yang dijadikan sampel penelitian untuk itu diperlukan adanya kajian tentang (1) Bagaimana perbedaan prestasi belajar siswa kelas 2 program penjualan antara yang diajar dengan metode diskusi dengan pendekatan konstruktivisme dan metode tugas terstruktur di SMK Pemuda 1 Kesamben. (2) Bagaimanakah efektivitas penerapan metode diskusi dengan pendekatan konstruktivisme dan metode tugas terstruktur pada mata diklat prinsip-prinsip pemasaran di SMK Pemuda 1 Kesamben. (3) Manakah diantara dua metode tersebut yang lebih dominan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 2 program penjualan pada mata diklat prinsip-prinsip pemasaran di SMK Pemuda 1 Kesamben. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bersifat sungguhan/eksperimen yang sebenarnya dilakukan dengan instrumen tes (pra tes dan post tes) serta analisisnya menggunakan uji beda dengan bantuan SPSS for Windows 12. Populasi dalam penelitian ini adalah 162 siswa (Kelas Pj A sampai dengan Kelas Pj D). Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas 2 Pj A dan Kelas 2 Pj B sejumlah 41 siswa SMK Pemuda I Kesamben. Berdasarkan pengolahan data dan analisis dengan menggunakan uji beda dapat diketahui hasilnya yang menyatakan bahwa (1) Ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelas 2 program penjualan yang diajar dengan metode diskusi dengan pendekatan konstruktivisme dan metode tugas terstruktur pada mata diklat prinsip-prinsip pemasaran di SMK Pemuda 1 Kesamben. (2) Metode diskusi dengan pendekatan konstruktivisme lebih efektif dari pada metode tugas terstruktur hal itu dapat dilihat dari nilai mean. Nilai mean untuk prestasi yang diajar dengan metode diskusi dengan pendekatan konstrutivisme adalah 79 9024. Sedangkan prestasi siswa yang diajar dengan metode tugas terstruktur mendapatkan nilai rata-rata 72 4878. (3) Metode diskusi dengan pendekatan konstruktivisme lebih dominan dari pada metode tugas terstruktur dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 2 Penjualan ( Pj A dan Pj B) kususnya pada Mata Diklat Prinsip-Prinsip Pemasaran di SMK Pemuda 1 Kesamben. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Prestasi Belajar Kelas 2 Penjualan A yang diajar dengan menggunakan metode diskusi dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar Kelas 2 Penjualan B yang diajar dengan menggunakan metode tugas terstruktur. (2) Metode diskusi dengan pendekatan konstruktivisme lebih efektiv dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 2 Pj (Pj A dan Pj B) pada mata diklat prinsip-prinsip pemasaran di SMK Pemuda I Kesamben. (3) metode diskusi dengan pendekatan konstruktivisme dan metode tugas terstruktur keduanya merupakan metode yang memberikan kesempatan dan kebebasan berfikir kepada siswa dengan penuh tanggungjawab. Secara umum saran yang dapat disampaikan adalah diperlukan kesiapan dan sinergi yang baik antara guru dengan siswa agar kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode yang beragam dapat lebih diterima oleh siswa. Sehingga metode tersebut benar-benar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |