Kontribusi kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar (studi pada siswa SMK YP 17 Pare Kediri) / Siti Chotijah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar (studi pada siswa SMK YP 17 Pare Kediri) / Siti Chotijah

Chotijah, Siti (2010) Kontribusi kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar (studi pada siswa SMK YP 17 Pare Kediri) / Siti Chotijah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chotijah Siti. 2008. Kontribusi Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar (Studi pada Siswa SMK YP 17 Pare Kediri). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd. M.M (II) Drs. Mugianto S.E. M.Si. Kata kunci kecerdasan emosional kecerdasan spiritual prestasi belajar. Selama ini pandangan umum bependapat bahwa untuk meraih prestasi dalam studi seseorang harus memiliki IQ yang tinggi. Namun beberapa penelitian menyebutkan bahwa IQ tinggi bukan jaminan untuk meraih prestasi yang tinggi. Daniel Golemen menyatakan bahwa kontribusi IQ bagi keberhasilan seseorang hanya sekitar 20% dan sisanya yang 80% ditentukan oleh serumpun faktor yang disebut kecerdasan emosional. IQ dan EI/EQ ternyata tidak mampu menjawab tuntas persoalan kehidupan. Ada bentuk kecerdasan lain yang dibutuhkan untuk sampai pada hakikat hidup. Psikologi kontemporer menyebut sebagai Spiritual Intellegence(SI/SQ). Kecerdasan spiritual (spiritual quotient /SQ) juga berperan dalam proses penciptaan prestasi bagi anak. Maka penulis tertarik untuk mengambil judul Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar (Studi pada Siswa SMK YP 17 Pare Kediri) . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kecerdasan emosional tingkat kecerdasan spiritual dan prestasi belajar siswa SMK YP 17 Pare Kediri (2) pengaruh yang signifikan secara parsial maupun simultan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa SMK YP 17 Pare Kediri. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan kausalitas menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diketahui bahwa tingkat kecerdasan emosional (EQ) siswa kelas X Penjualan SMK YP 17 Pare tahun ajaran 2007/2008 adalah sangat tinggi tingkat kecerdasan spiritual (SQ) siswa adalah sedang sedangkan tingkat prestasi belajar siswa kelas X Penjualan SMK YP 17 Pare tahun ajaran 2007/2008 tergolong baik. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa (nilai t hitung 4 375 t tabel 2 00 nilai signifikansi t 0 000 8804 0 05) pengaruh positif dan signifikan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar (nilai t hitung 0 3460 t tabel 2 00 nilai signifikansi t 0 001 8804 0 05). Ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap prestasi belajar siswa secara simultan (nilai Adjusted R Square sebesar 0 529 Fhitung 35 204 Ftabel 3 15 dengan nilai signifikansi 0 000 8804 0 05). Kontribusi EQ dan SQ 52 9% dan sisanya sebesar 47 1% dipengaruhi hal-hal lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan di atas saran yang dapat diberikan adalah hendaknya guru-guru memasukkan unsur-unsur kecerdasan emosional dalam menyampaikan materi serta melibatkan emosi siswa dalam proses pembelajaran yang bermakna hendaknya pihak sekolah dapat memberikan training yang mengasah kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa sehingga akan meningkatkan mutu siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27604

Actions (login required)

View Item View Item