Implementasi penggunaan media pembelajaran dengan macromedia flash untuk peningkatan minat dan prestasi belajar siswa pada mata diklat penjualan (studi pada siswa kelas XI Penjualan I SMK A. Yani Kota Mojokerto) / Agung Dewan P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penggunaan media pembelajaran dengan macromedia flash untuk peningkatan minat dan prestasi belajar siswa pada mata diklat penjualan (studi pada siswa kelas XI Penjualan I SMK A. Yani Kota Mojokerto) / Agung Dewan P.

Dewan P., Agung (2010) Implementasi penggunaan media pembelajaran dengan macromedia flash untuk peningkatan minat dan prestasi belajar siswa pada mata diklat penjualan (studi pada siswa kelas XI Penjualan I SMK A. Yani Kota Mojokerto) / Agung Dewan P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewan Agung. 2008. Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Macromedia Flash Untuk Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Penjualan (Studi PTK kelas XI-Penjualan 1 SMK. A. Yani Mojokerto). Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universtias Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Sopiah MPd. MM (II) Drs. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Macromedia Flash Peningkatan Minat Prestasi Belajar. Berdasarkan hasil obervasi awal di SMK. A. Yani Mojokerto diketahui bahwa metode pembelajaran yang sering digunakan guru mata diklat penjualan adalah ceramah dan pemberian tugas. Hal ini akan menyebabkan kurang optimalnya hasil belajar karena siswa cenderung bosan saat pelajaran berlangsung. Melihat kondisi tersebut hendaknya guru menerapkan media pembelajaran yang lebih variatif dan dapat menimbulkan semangat dan minat belajar siswa dalam kelas. Macromedia Flash merupakan salah satu program software yang dapat membuat suatu gambar grafis teks suara animasi dan simulasi sehingga dapat tercipta suatu bentuk media presentasi yang atraktif dan menarik minat siswa. Selain itu juga media dengan bentuk animasi dan simulasi dapat membantu guru dalam menyampaikan informasi pelajaran yang berbentuk praktek sehingga diharapkan siswa lebih mudah menerima dan menyerap informasi tersebut dan dapat tercapai tujuan hasil belajar yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan media pembelajaran dengan Macromedia Flash untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas XI-Penjualan 1 SMK. A. Yani Mojokerto dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan sistem observasi wawancara dan tes evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan minat dan prestasi belajar. Peningkatan minat ditunjukan dari pengisian angket siswa sebelum dan sesudah tindakan pada sebelum tindakan secara umum dapat disimpulkan bahwa sebesar 70% siswa tidak setuju dan 18% sangat tidak setuju jika pelajaran tersebut dapat menarik minat belajar siswa. Sedangkan hasil angket setelah dilakukan tindakan yaitu dengan penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash secara umum sebesar 78% menjawab setuju dan 18 % 2 sangat setuju jika media tersebut dapat meningkatkan minat siswa. Untuk aspek kognitif pada kegitan Siklus I yaitu pada kegiatan pre tes I jumlah ketuntasan belajar siswa hanya sebesar 45% dan 55% tidak tuntas dalam belajar sedangkan pada kegiatan post tes I ada peningkatan yaitu ketuntasan belajar sebesar 87 5% dan 12 5% tidak tuntas dalam belajar. Pada aspek afektif juga terdapat peningkatan yaitu dari pre tes I dengan jumlah rata-rata persentase ketercapaian sebesar 62% dan terjadi peningkatan pada post tes I sebesar 68% untuk kegiatan pre tes II dari persentase ketercapaian sebesar 71% meningkat pada kegiatan post tes II sebesar 84%. Dan peningkatan dari aspek psikomotorik ketuntasan belajar pada pre tes II sebesar 75% dan pada kegiatan post tes II ketuntasan belajar terjadi peningkatan sebesar 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penggunaan media pembelajaran dengan Macromedia Flash dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata diklat penjualan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk menerapkan media pembelajaran dengan Macromedia Flash sebagai variasi dalam metode pembelajaran dikarenakan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran tersebut. Dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan lebih banyak menggunakan waktu yang tersedia dan tidak hanya terpaku pada dua siklus agar hasil penelitian yang didapat lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27603

Actions (login required)

View Item View Item