Penerapan model pembelajaran group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran membuka usaha eceran (studi pada siswa kelas XII Program Keahlian Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang) / Ayu Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran membuka usaha eceran (studi pada siswa kelas XII Program Keahlian Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang) / Ayu Ramadhani

Ramadhani, Ayu (2011) Penerapan model pembelajaran group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran membuka usaha eceran (studi pada siswa kelas XII Program Keahlian Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang) / Ayu Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Hasil Belajar Siswa Upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna memajukan kualitas pendidikan adalah dengan menyempurnakan kurikulum yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum ini menuntut guru agar tidak selalu menggunakan metode konvensional seperti ceramah atau tanya jawab tetapi juga menggunakan metode pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk selalu aktif. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan untuk lebih memberdayakan siswa agar tidak hanya menghafalkan fakta tetapi juga mengkonstruksikan pengalaman dan pengetahuan siswa adalah model pembelajaran Group Investigation (GI). Model pembelajaran Group Investigation (GI) merupakan model pembelajaran kompleks karena memadukan antara prinsip belajar kooperatif dengan pembelajaran yang berbasis konstruktivisme dan prinsip pembelajaran demokrasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah yang sering terjadi dalam bisnis ritel. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pembelajaran yang menerapkan investigasi kelompok. Investigasi kelompok yang diterapkan terdiri atas 6 tahap yaitu seleksi topik permasalahan perencanaan kerjasama implementasi analisis penyajian hasil akhir dan evaluasi. Data dikumpulkan dengan cara observasi wawancara tes catatan lapangan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan investigasi kelompok pada mata pelajaran Membuka Usaha Ritel berjalan dengan lancar walaupun pada saat pelaksanaan masih terdapat beberapa kekurangan. Selain itu hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan cara belajar. Peningkatan cara belajar siswa tersebut dapat dilihat dari antusiasme dan kerjasama siswa dalam belajar kelompok. Di samping itu siswa tampak aktif kreatif dan produktif dalam belajar. Kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada mata pelajaran Membuka Usaha Eceran juga mengalami peningkatan. Dari 27 orang siswa yang menjadi subyek penelitian sebanyak 96 3% (26 orang) sudah tuntas belajar. Sebelumnya siswa yang tuntas di siklus I hanya 4 siswa (14 81%). Nilai rata-rata kelas pada aspek kognitif mengalami kenaikan yaitu dari 59 46 di siklus I menjadi 79 79 di siklus II. Hal ini berarti terjadi kenaikan sekitar 20 33 yang berarti peningkatan ini cukup signifikan. Sedangkan nilai rata-rata kelas pada aspek afektif juga mengalami kenaikan. Terjadi kenaikan persentase hasil belajar aspek afektif dari siklus I ke siklus II. Di siklus I rata-rata kelas sebesar 72 1 sedangkan di siklus II sebesar 89 89. Berarti terjadi kenaikan sebesar 17 79. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah agar pihak SMK PGRI 6 Malang tidak hanya memakai metode konvensional dalam pembelajaran sehari-hari tetapi juga memakai metode kooperatif agar siswa lebih aktif. Berdasarkan kecenderungan peningkatan yang terjadi pada setiap siklus apabila siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan kompetensinya secara rutin maka dapat diyakini kemampuannya akan bisa lebih ditingkatkan. Karena itu untuk meningkatkan aktivitas kreativitas dan produktivitas berpikir siswa pemecahan masalah dalam mata pelajaran Membuka Usaha Eceran perlu diberikan secara rutin dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27602

Actions (login required)

View Item View Item