Pengaruh minat memilih program keahlian dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar (studi pada siswa kelas II Program Keahlian Penjualan di SMK Ardjuna 1 Malang) / Thathit Galih Bahana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat memilih program keahlian dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar (studi pada siswa kelas II Program Keahlian Penjualan di SMK Ardjuna 1 Malang) / Thathit Galih Bahana

Bahana, Thathit Galih (2010) Pengaruh minat memilih program keahlian dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar (studi pada siswa kelas II Program Keahlian Penjualan di SMK Ardjuna 1 Malang) / Thathit Galih Bahana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan prestasi belajar dimana minat merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih Program Keahlian di SMK. Besarnya minat seseorang terhadap suatu hal dapat digunakan sebagai pemacu keberhasilan belajar demikian juga dengan minat untuk menentukan Program Keahlian yang akan dipilih akan mendorong siswa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi di program keahlian tersebut. Dalam dunia pendidikan motivasi sangat diperlukan agar siswa dapat belajar secara optimal motivasi merupakan faktor psikologis yang berfungsi menimbulkan mendasari dan mengarahkan perbuatan belajar. motivasi bukan saja menggerakkan tingkah laku tetapi juga mengarahkan dan memperkuat tingkah laku. Siswa yang termotivasi dalam belajar akan menunjukkan minat kegairahan dan ketekunan yang tinggi dalam belajar tanpa banyak bergantung pada guru. Minat bisa timbul karena adanya motivasi demikian juga dengan motivasi bisa timbul karena adanya minat untuk mendalami suatu Program Keahlian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat minat siswa memilih program keahlian (2) Tingkat motivasi belajar (3) Tingkat prestasi belajar serta (4) Mengetahui pengaruh minat memilih program keahlian dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Penjualan di SMK Ardjuna 1 Malang baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini penelitian adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini juga disebut penelitian populasi karena sampel diambil dari keseluruhan populasi siswa kelas II Program Keahlian Penjualan yang berjumlah 30 siswa di SMK Ardjuna 1 Malang Tahun Pelajaran 2007/2008. Hasil analisis menunjukkan (1) Tingkat minat memilih program keahlian tergolong tinggi (63 33%) artinya siswa Program Keahlian Penjualan di SMK Ardjuna 1 Malang mempunyai minat yang tinggi terhadap program keahlian yang dipilihnya (2) Tingkat motivasi belajar siswa tergolong tinggi (70%) artinyasiswa Program Keahlian Penjualan di SMK Ardjuna 1 Malang mempunyai motivasi belajar yang baik (3) Tingkat prestasi belajar siswa tergolong tinggi (86 67%) artinya rata-rata siswa Program Keahlian Penjualan di SMK Ardjuna 1 Malang mempunyai prestasi belajar yang baik (4) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis 1 diketahui nilai signifikansi t sebesar 0 000 dan nilai 0 344 sedangkan thitung(7 607) ttabel(1 700) pada taraf kepercayaan 95% (alpha 0 050) berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan minat memilih program keahlian terhadap prestasi belajar. Pengujian hipotesis 2 diketahui nilai signifikansi t sebesar 0 000 dan nilai 0 787 sedangkan thitung(17 429) ttabel(1 700) pada taraf kepercayaan 95% (alpha 0 050) berarti terdapat pengaruh yang positif signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Sedangkan pada pengujian hipotesis 3 dari hasil uji regresi linear berganda diketahui Adjusted R Square sebesar 0 950 sehingga diperoleh Fhitung(278 086) Ftabel(3 320) dengan taraf signifikansi 0 000 yang berada di bawah 0 050 berarti terdapat pengaruh yang positif signifikan antara minat memilih program keahlian dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian adalah (1) Mengadakan kegiatan akademis yang dapat menimbulkan minat siswa pada bidang kepenjualan khususnya kewirausahaan seperti bazar kewirausahaan yang diadakan tiap semester studi banding dan seminar atau talk show. (2) Optimalisasi pembelajaran yang berpusat pada siswa berorientasi pada praktek dan mendatangkan nara sumber dengan mengadakan acara seminar juga dengan pendekatan learning by doing agar siswa tidak hanya menerima teori melainkan dapat melakukan aktivitas pekerjaan dalam situasi yang sebenarnya. (3) Adanya peran aktif dari lembaga terkait terutama pihak sekolah pengawas pemerintah dalam mendorong dan memotivasi dan menfasilitasi guru dalam mendidik dan melatih siswa untuk berwiraswasta melalui pembekalan kompetensi yang sesuai dengan kriteria unjuk kerja. (4) Meningkatkan fungsi dan jumlah fasilitas sarana dan prasarana laboratorium serta melengkapinya dan mengadakan perbaikan atau penggantian terhadap alat-alat praktek yang rusak dan sudah tidak layak pakai sehingga siswa benar-benar bisa mengoperasikan mesin-mesin penunjang mata diklat yang diajarkan di sekolah (5) Setiap siswa hendaknya mampu untuk membangkitkan motivasi dalam dirinya sendiri melalui peran seorang guru didalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27600

Actions (login required)

View Item View Item