Implementasi metode pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi kasus pada siswa kelas 2 Program Keahlian Penjualan SMK Ardjuna 1 Malang) / Derry Rindra P - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi kasus pada siswa kelas 2 Program Keahlian Penjualan SMK Ardjuna 1 Malang) / Derry Rindra P

Puspita, Derry Rindra (2010) Implementasi metode pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi kasus pada siswa kelas 2 Program Keahlian Penjualan SMK Ardjuna 1 Malang) / Derry Rindra P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspita Derry Rindra. 2008. Impelementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Kewirausahaan (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 Program Keahlian Penjualan SMK Ardjuna 1 Malang). Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Hari. M.Si. (II) Drs. Mohammad Arief . M.Si. Kata kunci Model pembelajaran Group Investigation motivasi belajar hasil belajar Proses pembelajaran di kelas saat ini masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan dengan metode pembelajaran ceramah dan pemberian data sebagai pilihan utama dalam proses pembelajarannya sehingga seringkali proses belajar dan prestasi belajar yang diraih tidak sesuai dengan yang diharapkan. Maka diperlukan sebuah strategi belajar yang lebih memberdayakan potensi yang dimiliki siswa atau metode pembelajaran yang melibatkan siswa aktif sehingga dapat mengubah proses pembelajaran yang bersifat berpusat pada guru (teacher centered) menjadi berpusat pada siswa (student centered) yang memberikan dampak positif pada potensi dan kompetensi siswa. Dalam mencapai tujuan pembelajaran diperlukan penggunaan metode pembelajaran yang optimal. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa aktif adalah metode pembelajaran kooperatif. Berdasarkan observasi awal di SMK Ardjuna 01 Malang pendekatan metode pembelajaran yang digunakan masih cenderung pada metode ceramah dan pemberian tugas. Metode pembelajaran tersebut kurang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik terutama pada mata diklat Kewirausahaan. Oleh karena itu dalam penelitian kali ini peneliti menerapkan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik. Karena dalam model pembelajaran ini lebih menekankan kemampuan peserta didik dalam menghadapi masalah dan menentukan penyelesaian masalah. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran group investigation di SMK Ardjuna 1 Malang (2) motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model group investigation pada mata diklat kewirausahaan di SMK Ardjuna 1 Malang (3) hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model group investigation pada mata diklat kewirausahaan di SMK Ardjuna 1 Malang (4) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pada penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation pada siswa SMK Ardjuna 1 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilakukan dalam konteks kelas yang bertujuan untuk melaksanakan perbaikan-perbaikan dalam hal penyempurnaan kegiatan belajar-mengajar guru di kelas. Sehingga dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar peserta didik Pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif yang dirancang dalam dua siklus kegiatan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan/ observasi dan refleksi. Kegiatan pada siklus I berupa pemberian tes awal kepada siswa (pre-test) yang bertujuan untuk mengetahui pengetahuan awal siswa adanya pengelompokan kelas menjadi 4 kelompok analisis dan sintesis presentasi dan tanya jawab serta memberikan tes evaluasi di akhir siklus (pos-test). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes hasil observasi catatan lapangan dan hasil wawancara. Subyek atau sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 program keahlian penjualan SMK Ardjuna 1 Malang yang berjumlah 30 orang dengan mata diklat Kewirausahaan sedangkan hasil data dari penelitian ini yaitu (1) Hasil belajar pada ranah kognitif diukur dari selisih post test dan pre test dari siklus 1 ke siklus 2 sedangkan hasil belajar siswa pada ranah afektif diukur melalui rubrik penilaian yang datanya direkam dengan menggunakan format penilaian aspek afektif (2) Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Kewirausahaan ini diukur melalui 3 aspek yaitu aspek keaktifan keantusiasan dan keceriaan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu (1) dilihat dari aspek keaktifan persentase keberhasilan motivasi siswa mencapai 70% sedangkan pada siklus 2 persentase keberhasilannya mencapai 86%. Sehingga diketahui bahwa motivasi belajar siswa untuk aspek keaktifan dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 16% (2) dilihat dari aspek keantusiasan persentase keberhasilan motivasi siswa mencapai 56% sedangkan pada siklus 2 persentase keberhasilannya adalah 80%. Sehingga dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa untuk aspek keantusiasan dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 24% (3) dilihat dari aspek keceriaan persentase keberhasilan motivasi siswa mencapai 80% sedangkan pada siklus 2 persentase keberhasilannya mencapai 100%. Sehingga dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa untuk aspek keceriaan dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 20%. Sedangkan hasil analisis data tehadap hasil belajar peserta didik ditinjau dari segi aspek kognitif dan aspek afektif pada pembelajaran kooperatif model group investigation mengalami peningkatan yaitu (1) peningkatan hasil belajar aspek kognitif peserta didik kelas 2 Penjualan dibuktikan melalui peningkatan rata-rata post test siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata post test siklus I yang diperoleh peserta didik adalah 62 5. Sedangkan siklus II nilai rata-rata post test peserta didik adalah 78 23 (2) peningkatan hasil belajar peserta didik dari aspek afektif dapat dianalisa dari jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus 1 sebanyak 15 siswa (54%) dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar 13 siswa (46%). Sedangkan Pada siklus 2 jumlah siswa yang dikategorikan tuntas belajar sebanyak 25 siswa (89 3%) dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar 3 siswa (10 7%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ditinjau dari aspek afektif pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan 19 20%. Saran dalam kegiatan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagi guru mata diklat kewirausahaan lainnya hendaknya mulai mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model group investigation dalam proses pembelajaran kewirausahaan di kelas karena pembelajaran kooperatif model group investigation terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (2) Bagi peserta didik agar membiasakan diri untuk percaya diri dan berani mengeluarkan pendapat sehingga pada waktu proses pembelajaran dan kegiatan presentasi kelompok peserta didik dapat aktif dalam mengungkapkan pendapat (3) Bagi guru dan peneliti selanjutnya hendaknya sebelum memulai pembelajaran terlebih dahulu menyiapkan Rencana Pembelajaran sehingga alokasi waktu dapat terorganisir dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai (4) peserta didik diharapkan untuk lebih meningkatkan kerjasama dalam diskusi kelompok (5) Bagi lembaga sekolah hendaknya menambah buku literatur yang ada di perpustakaan untuk memudahkan siswa dalam memperoleh informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27599

Actions (login required)

View Item View Item