Penerapan model make a match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata diklat ekonomi di SMK PGRI 06 Malang / Indah Purnama Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model make a match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata diklat ekonomi di SMK PGRI 06 Malang / Indah Purnama Sari

Sari, Indah Purnama (2010) Penerapan model make a match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata diklat ekonomi di SMK PGRI 06 Malang / Indah Purnama Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnama Sari Indah. 2008. Penerapan Model Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Diklat Ekonomi di SMK PGRI 06 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Sopiah M.Pd. MM. (II) Drs. Moh. Arief M.Si. Kata kunci model make a match motivasi hasil belajar Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah karena metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah metode konvesional berupa ceramah sehingga siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi dominansi guru adalah dengan menggunakan model pembelajaran inovatif yang konsep dasar pembelajarannya terpusat pada keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Salah satu model tersebut adalah make a match atau mencari pasangan. Diharapkan dengan menggunakan berbagai variasi mengajar dan salah satunya adalah menggunakan model ini motivasi belajar dan hasil belajar siswa akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan model make a match pada pokok bahasan menerapkan prinsip produksi dalam kegiatan bisnis 2) untuk mengetahui seberapa besar penerapan model make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa 3) untuk mengetahui seberapa besar penerapan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK PGRI 06 Malang dan 4) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan model make a match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 tahap pada masing-masing siklusnya yakni meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan sekaligus pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II program keahlian penjualan di SMK PGRI 06 Malang yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis yang dilaksanakan pada akhir setiap siklus selain itu menggunakan lembar observasi rubrik aspek afektif dan psikomotorik pedoman wawancara catatan lapangan dan dokumenter. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa dari aspek keaktifan pada siklus 1 sebesar 70% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83.3% motivasi belajar siswa dari aspek keantusiasan pada siklus 1 sebesar 56.7% dan siklus 2 meningkat menjadi 70% sedangkan motivasi belajar dari aspek keceriaan pada siklus 1 sebesar 90% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 100%. Dari analisis data hasil belajar siswa dari aspek kognitif pada siklus 1 juga dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa (78.8%) dan pada siklus 2 meningkat menjadi 29 siswa (87.88%). Hasil belajar siswa dari aspek afektif juga menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus 1 sebanyak 18 siswa (54.6%) dan pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 27 siswa (81.8%). Demikian juga hasil belajar dilihat dari aspek psikomotorik pada siklus 1 bahwa jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 20 siswa (60.6%) dan pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 29 siswa (87.9%). Dari hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa di SMK PGRI 06 Malang mengalami peningkatan dengan penerapan model make a match. Saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini untuk kepala sekolah adalah memberikan motivasi kepada semua guru untuk mencoba menerapkan model ini sebagai variasi model mengajar. Untuk guru mata diklat untuk mengimplementasikan model make a match pada pokok bahasan yang sesuai untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa akan termotivasi dalam belajarnya dan dapat meningkatkan prestasinya. Sedangkan untuk guru mata diklat ekonomi adalah mencoba untuk mengimplementasikan model ini pada pokok bahasan yang lain maupun pelajaran yang lain karena siswa memberikan respon yang positif terhadap model tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27595

Actions (login required)

View Item View Item