Pengaruh persepsi siswa tentang kualitas layanan sekolah terhadap kepuasan siswa dalam menggunakan jasa pendidikan (Studi pada SMK "Ardjuna" 01 Malang) / Wuri Citra Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kualitas layanan sekolah terhadap kepuasan siswa dalam menggunakan jasa pendidikan (Studi pada SMK "Ardjuna" 01 Malang) / Wuri Citra Handayani

Handayani, Wuri Citra (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang kualitas layanan sekolah terhadap kepuasan siswa dalam menggunakan jasa pendidikan (Studi pada SMK "Ardjuna" 01 Malang) / Wuri Citra Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Wuri Citra. 2008. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kualitas Layanan Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa Dalam Menggunakan Jasa Pendidikan (Studi Pada SMK Ardjuna 01 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mohammad Hari M.Si. (2) Madziatul Churiyah S. Pd. M.M. Kata Kunci Kualitas Layanan Kepuasan Siswa Jasa Pendidikan Era globalisasi serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menimbulkan kecenderungan dan pergeseran paradigma dalam mengantisipasi dan mengelola informasi secara efektif dan efisien. Dalam hal ini pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Selain itu sekolah merupakan salah satu jasa yang diharapkan dapat menghasilkan SDM yang handal dan profesional maka mutu dan kualitas pendidikan menjadi hal utama yang harus mendapat perhatian. Mengukur kualitas jasa berarti mengevaluasi atau membandingkan kinerja jasa dengan seperangkat standar yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Kualitas yang baik dapat menimbulkan loyalitas konsumen dan menarik konsumen baru. Dan pada akhirnya melalui kepuasan konsumen perusahaan akan memperoleh keuntungan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi kualitas layanan sekolah di SMK Ardjuna 01 Malang (2) kepuasan siswa terhadap kualitas layanan sekolah di SMK Ardjuna 01 Malang (3) tingkat pengaruh kualitas layanan sekolah (bukti fisik kehandalan jaminan daya tanggap dan empati) terhadap kepuasan siswa di SMK Ardjuna 01 Malang secara parsial (4) tingkat pengaruh kualitas layanan sekolah (bukti fisik kehandalan jaminan daya tanggap dan empati) terhadap kepuasan siswa di SMK Ardjuna 01 Malang secara simultan dan (5) variabel kualitas layanan sekolah yang dominan pengaruhnya terhadap kepuasan siswa SMK Ardjuna 01 Malang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bukti Fisik (X1) Kehandalan (X2) Jaminan (X3) Daya Tanggap (X4) dan Empati (X5) sebagai variabel bebas dan kepuasan siswa (Y) sebagai variabel terikatnya. Populasi dalam penelitian ini adalah 289 siswa SMK Ardjuna 01 Malang pada tahun ajaran 2007/2008 subjek penelitian ini adalah siswa SMK Ardjuna 01 Malang yang mendapatkan jasa layanan sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Propotional Random Sampling untuk setiap strata kelas diambil prosentase sebesar 25% total sampel adalah 76 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner untuk memperoleh data. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan 4 (empat) pilihan jawaban. Sebelum dilakukan analisis regresi dilakukan uji asumsi model regresi linier klasik yaitu uji normalitas uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Dan keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS 13.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rata-rata siswa merasakan cukup puas dengan kualitas layanan yang diberikan pihak SMK Ardjuna 01 Malang dengan rata-rata bukti fisik (2 48) kehandalan (2 72) jaminan (2 84) daya tanggap (2 55) dan empati (2 75) (2) Kepuasan siswa terhadap kualitas layanan termasuk kategori cukup puas dengan rata-rata 2 62. Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial didapatkan (1) nilai thitung 4 612 ttabel 1 994 atau signifikansi t 0 000 0 005 membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara bukti fisik dengan kepuasan siswa (2) nilai thitung 2 876 ttabel 1 994 atau signifikansi t 0 005 0 005 membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kehandalan dengan kepuasan siswa (3) nilai thitung 3 080 ttabel 1 994 atau signifikansi t 0 003 0 005 membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara jaminan dengan kepuasan siswa (4) nilai thitung 3 048 ttabel 1 994 atau signifikansi t 0 003 0 005 membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara daya tanggap dengan kepuasan siswa (5) nilai thitung 4 175 ttabel 1 994 atau signifikansi t 0 000 0 005 membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara empati dengan kepuasan siswa. Sedangkan secara simultan didapatkan nilai Fhitung 108 175 Ftabel 2 245 atau probalitas signifikansi 0 000 0 005. Dengan demikian variabel bukti fisik kehandalan jaminan daya tanggap dan empati berpengaruh positif yang signifikan secara simultan terhadap kepuasan siswa. Sumbangan Efektif (SE) yang terbesar adalah variabel bukti fisik yaitu sebesar 23 3%. Saran dari peneliti untuk SMK Ardjuna 01 Malang sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang jasa pendidikan hendaknya berorientasi pada kepuasan siswa. Kepuasan tersebut dapat diperoleh dari kualitas layanan yang diberikan sekolah. Dari beberapa item dimensi kualitas layanan yang masih harus mendapatkan perhatian untuk ditingkatkan lagi adalah (1) Perlu adanya perbaikan dan perawatan fasilitas fisik terutama kelengkapan gedung yang dirasa belum memberikan kepuasan bagi siswa (2) Kerjasama yang baik dibutuhkan oleh guru petugas piket dan siswa dalam mengatur ketepatan waktu dalam mengajar guru siswa berhak mengingatkan guru agar segera masuk kelas agar PBM berjalan lancar (3) Sebaiknya dilakukan pelatihan pembinaan agar tumbuh motivasi serta perbaikan tingkah laku/perilaku untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih baik dari sebelumnya (4) Diharapkan pihak sekolah baik guru karyawan laboran maupun pustakawan mau terbuka dan fleksibel menerima saran dan kritik dari siswa sehingga bisa melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik (5) Sebaiknya sesibuk apapun tugas pejabat struktural pihak sekolah bersedia meluangkan waktunya untuk memenuhi keperluan siswa sehingga siswa tidak merasa diabaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27594

Actions (login required)

View Item View Item