Pengaruh latar belakang sosial dan ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK Putra Airlangga Surabaya / Fitria Ariani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latar belakang sosial dan ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK Putra Airlangga Surabaya / Fitria Ariani

Ariani, Fitria (2010) Pengaruh latar belakang sosial dan ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK Putra Airlangga Surabaya / Fitria Ariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariani Fitria. 2008. Pengaruh Latar Belakang Sosial dan Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Putra Airlangga Surabaya. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Sopiah M.Pd. M.M (II) Madziatul Churiyah S.Pd. M.M Kata Kunci Latar Belakang Sosial dan Ekonomi Prestasi Belajar Pendidikan ditinjau dari segi kepentingan masyarakat merupakan usaha untuk mempersiapkan generasi muda sebagai penerus cita-cita bangsa. Untuk itu prestasi belajar siswa perlu untuk ditingkatkan kembali. Dengan adanya prestasi belajar yang rendah di sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah latar belakang sosial dan ekonomi orang tua. Penelitian ini untuk mengetahui (I) prestasi belajar siswa SMK Putra Airlangga Surabaya (II) latar belakang sosial orang tua siswa SMK Putra Airlangga Surabaya (III)latar belakang ekonomi orang tua siswa SMK Putra Airlangga Surabaya (IV) pengaruh latar belakang sosial dan ekonomi orang tua secara parsial terhadap prestasi belajar siswa SMK Putra Airlangga Surabaya dan (V) pengaruh latar belakang sosial dan ekonomi orang tua secara simultan terhadap prestsi belajar siswa SMK Putra Airlangga Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Putra Airlangga tahun ajaran 2007/2008 sebanyak 99 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X SMK Putra Airlangga yang berjumlah 30 siswa. Sedangkan teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Instrumen yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kuisioner atau angket. Hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa koefisien regresi untuk variabel latar belakang sosial adalah 0 452 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 (5%) serta t hitung menunjukkan 4 253 dan t tabel sebesar 2 042 dengan demikian t hitung t tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk variabel latar belakang ekonomi nilai koefisien regresi adalah 0 496 dengan tingkat signifikansi yaitu sebesar 0 002 (5%) serta t hitung menunjukkan 3 451 dan t tabel sebesar 2 042 dengan demikian t hitung t tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Secara simultan hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 32 469 dan F tabel 3 32 dengan signifikansi 0 000 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi F lebih kecil dari (0 05) dan F hitung F tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan variabel latar belakang sosial (X1) dan latar belakang ekonomi (X2) terhadap prestasi belajar siswa SMK Putra Airlangga Surabaya. Adjusted R Square dalam penelitian ini menunjukkan angka sebesar 0 685. Dengan demikian berarti bahwa pengaruh latar belakang sosial dan ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK Putra Airlangga Surabaya yaitu sebesar 68 5% sedangkan sisanya sebesar 31 5% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan (I) Bagi Pihak Sekolah diharapkan pihak sekolah untuk berusaha meningkatkan prestasi belajar siswa dengan pertimbangan kondisi ekonomi dan sosial masing-masing siswa. Usaha tersebut dilakukan dalam usaha meningkatkan semangat belajar para siswa sehingga kendala mengenai kondisi ekonomi dan sosial orang tua tidak mempengaruhi semangat belajar siswa dalam usaha meningkatkan prestasi belajar. Dengan cara memberikan bimbingan belajar kepada seluruh siswa di luar jam sekolah dengan biaya yang terjangkau.(II) Bagi pihak orang tua siswa diharapkan selalu memberikan dorongan dan semangat serta memenuhi kebutuhan bagi anak mereka yang sekolah sehingga para siswa memiliki semangat belajar secara maksimal. (III) Bagi peneliti selanjutnya bagi peneliti selanjutnya yang berminat untuk melanjutkan penelitian ini diharapkan untuk menyempurnakannya yaitu dengan menggunakan variabel lain yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan penambahan jumlah sampel penelitian yang diambil sehingga penelitian ini dapat lebih berkembang dan memperluas wawasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27593

Actions (login required)

View Item View Item