Pengaruh gaya belajar dan kondisi sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas 2 SMK Negri 2 Kediri tahun ajaran 2007/2008 / Nurul Mahmudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar dan kondisi sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas 2 SMK Negri 2 Kediri tahun ajaran 2007/2008 / Nurul Mahmudah

Mahmudah, Nurul (2009) Pengaruh gaya belajar dan kondisi sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas 2 SMK Negri 2 Kediri tahun ajaran 2007/2008 / Nurul Mahmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Belajar merupakan suatu keharusan bagi setiap manusia baik formal maupun non formal. Inti dari belajar adalah pengalaman dan dengan bekal pengalaman ini manusia dapat berubah dari tidak tahu menjadi tahu dari tidak mengerti menjadi paham sehingga implikasinya akan tampak pada tiga tataran domain kognitif afektif dan psikomotorik. Dalam belajar perubahan-perubahan yang diharapkan akan terjadi adalah perubahan yang bercorak positif yaitu perubahan yang senantiasa bertambah dan tertuju untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Belajar harus diarahkan dan tidak dibiarkan berlangsung sembarangan dan tanpa tujuan. Oleh karena itu didirikanlah lembaga pendidikan formal yaitu sekolah yang mengarahkan anak supaya dia memperoleh pengetahuan pemahaman ketrampilan sikap dan nilai yang semuanya menunjang perkembangannya. Sekolah harus menyediakan kondisi yang menunjang untuk berlangsungnya proses belajar. Suatu kondisi yang dapat menimbulkan keaktifan siswa dalam mengalami mencari dan menemukan berbagai pengetahuan yang dibutuhkan dan juga melibatkan siswa dalam proses belajar tersebut sehingga pada akhirnya siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah penting sekali bagi guru memahami sebaik-baiknya tentang proses belajar siswa. Karena pengetahuan tentang teori dan prinsip-prinsip belajar dapat membantu guru dalam memilih tindakan yang tepat. Salah satu prinsip tersebut adalah adanya perbedaan individual dalam perilaku belajar siswa yaitu adanya cara belajar/gaya belajar yang berbeda-beda pada masing-masing siswa. Gaya belajar memegang peranan penting dalam keberhasilan belajar siswa karena gaya belajar setiap individu akan mempengaruhi cara belajar yang akan ditempuhnya. Dengan mengenali gaya belajar yang dimiliki maka seorang siswa akan dapat mengelola pada kondisi apa dimana kapan dan bagaimana ia dapat memaksimalkan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar dan kondisi sekolah terhadap hasil belajar siswa baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMK Negeri 2 Kediri. Adapun jumlah dari seluruh siswa kelas 2 adalah 301 siswa kemudian diambil sampel sebanyak 76 siswa secara ramdom (acak). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah menggunakan teknik analisis diskriptif dan analisis regresi linear berganda. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data penelitian adalah angket tertutup/kuesioner. Pernyataan dan pertanyaan dijabarkan dalam angket yang terdiri dari 87 item mewakili setiap sub variabel bebas gaya belajar (gaya belajar visual auditorial dan kinestetik) dan variabel bebas kondisi sekolah (sarana sekolah prasarana sekolah dan guru) yang kemudian disebarkan pada siswa. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima alternatif jawaban. Dari data primer yang didapat kemudian diuji dengan uji regresi berganda dengan bantuan SPSS for windows 13.00. Adapun hasil dari analisis data adalah (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan signifikansi t (0 000) alpha pada taraf signifikansi 0 05 sedangkan thitung (6 393) dari ttabel (1 665). (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan kondisi sekolah terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan signifikansi t (0 000) alpha pada taraf signifikansi 0 05 sedangkan thitung (4 284) dari ttabel (1 665). (3) secara simultan variabel gaya belajar (X1) dan kondisi sekolah (X2) berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung 45 345 dari Ftabel 3 122 dengan signifikansi F 0 000 0 05. Dapat dilihat bahwa nilai R 0 744 ini menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan antara variabel X1 dan X2 dengan Y adalah kuat. Nilai R Square menunjukkan koefisien determinasi dimana R Square adalah 0 554 hal ini berarti 55 4% perubahan variabel Y disebabkan oleh perubahan gaya belajar (X1) dan kondisi sekolah (X2) sedangkan sisanya 44 6% disebabkan faktor lain di luar variabel X1 dan X2. Diketahui hasil perhitungan sumbangan efektif variabel gaya belajar (X1) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 35 64%. Sedangkan variabel kondisi sekolah (X2) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 19 85%. Berdasarkan hasil sumbangan efektif ini dapat diketahui bahwa SE X1 memiliki prosentase yang lebih besar dibandingkan dengan SE X2 sehingga gaya belajar (X1) memiliki pengaruh yang dominan terhadap hasil belajar siswa (Y). Dari hasil penelitian ini saran peneliti adalah (1) siswa hendaknya mengenali gaya belajar yang dimilikinya sehingga ia dapat menentukan bagaimana cara belajar yang optimal bagi dirinya (2) guru hendaknya memperhatikan strategi atau metode apa yang cocok yang sesuai dengan gaya belajar siswa sehingga siswa dengan berbagai macam gaya belajar dapat dengan mudah memperoleh informasi atau pelajaran yang disampaikan (3) sarana dan prasarana yang sudah ada di SMK Negeri 2 Kediri hendaknya dipelihara dan dirawat dengan baik bila perlu ditingkatkan kualitasnya supaya selalu dalam keadaan baik dan dapat dipergunakan/dimanfaatkan sesuai fungsinya. (4) hendaknya pihak SMK Negeri 2 Kediri memperhatikan pula faktor-faktor yang lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa baik faktor intern maupun ekstern. (5) Bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian sejenis disarankan untuk memilah dan mengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajarnya yaitu visual auditorial dan kinestetik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27592

Actions (login required)

View Item View Item