Pengaruh pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Agung Mandiri Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Agung Mandiri Putra

Putra, Agung Mandiri (2009) Pengaruh pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Agung Mandiri Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Internet sebagai sebuah jaringan raksasa yang menghubungkan berjuta-juta komputer di dunia tidak saja berfungsi sebagai medium untuk tukar menukar informasi secara cepat dan murah namun telah menjadi gudang pengetahuan yang tak ternilai harganya. Internet atau komputer seperti juga peralatan yang dibuat oleh manusia lainnya mempunyai kemampuan yang sangat banyak. Akan tetapi manfaat yang dapat kita peroleh dari internet menjadi beragam tergantung persepsi dan kemampuan atau kebutuhan yang ada.. Beragamnya motif menggunakan internet tentunya memberikan pengaruh yang beragam kepada pengguna. Berkembangnya informasi dan internet itu sendiri tentu akan menyebabkan terjadinya kelimpahan informasi (information overload) atau kebingungan pengguna dalam memilih menyaring dan menilai informasi yang ditemukan di internet sehingga akan mempengaruhi kepuasan pengguna Dalam upaya meningkatkan proses pendidikan di tanah air dan menyambut berkembangnya teknologi komunikasi di abad milenium ini ilmu mendapat penghargaan sangat tinggi. Dalam melakukan transfer ilmu banyak sarana yang dapat digunakan. Salah satunya adalah dengan internet. Melalui media internet ilmu dapat disebarluaskan secara tepat murah dan handal. Jarak tidak lagi merupakan kendala dan perbedaan waktu karena faktor geografi tidak menjadi halangan bagi seseorang yang ingin mengakses ilmu pengetahuan. Penggunaan internet sebagai media pendidikan dapat dianggap sebagai sesuatu yang baru. Fenomena baru dibidang pendidikan ini diharapkan mampu menjadi solusi atas problematika yang terjadi selama ini. Telah banyak situs pendidikan yang tersaji di internet yang menyediakan informasi keilmuan artikel dan buku virtual (e-book) informasi sekolah beasiswa bahkan perguruan tinggi virtual Variabel bebas dalam penelitian ini pemanfaatan internet terdiri dari sub variabel mengenal internet (X1) penggunaan internet (X2) dan alasan pemanfaatan internet (X3) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar (Y). Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 4.471 mahasiswa dan sampel berjumlah 98 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah multy stage sampling dengan menggunakan instrumen kuesioner. Tahap pertama purposive sampling yaitu menentukan sampling berdasarkan tujuan penelitian. Tahap kedua yaitu Proportional Sampling yaitu untuk menentukan jumlah sampel yang dibutuhkan dalam penelitian berdasarkan Jurusan. Tahap ketiga yaitu Accidental Sampling yaitu menentukan sampel berdasarkan kebetulan. Skala yang digunakan skala Likert dengan 5 (lima) opsi pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Sedangkan untuk menguji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS Versi 13.00. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel mengenal internet (X1) memiliki nilai B 0 002 nilai t hitung 0 322. Nilai ini selanjutnya dikonfirmasikan dengan nilai t tabel 1 66 sehingga t hitung t tabel atau dengan signifikansi t 0 748 dimana sig t 0 05. Berdasarkan keterangan tersebut dapat diketahui variabel mengenal internet berpengaruh negatif yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Untuk variabel penggunaan internet (X2) memiliki nilai B 0 037 nilai t hitung 2 523. Nilai ini selanjutnya dikonfirmasikan dengan nilai t tabel 1 66 sehingga t hitung t tabel atau signifikansi t 0 000 dimana sig t 0 05. Berdasarkan keterangan tersebut dapat diketahui variabel penggunaan internet berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Sedangkan untuk variabel alasan pemanfaatan internet (X3) memiliki nilai B -0 031 nilai t hitung -3 199. Nilai ini selanjutnya dikonfirmasikan dengan nilai t tabel 1 66 sehingga t hitung t tabel atau signifikansi t 0 000 dimana sig t 0 05. Berdasarkan keterangan tersebut dapat diketahui variabel alasan pemanfaatan internet berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan (1) sebagian besar responden menyatakan kurang setuju untuk mengenal internet dalam pemanfaatan internet (2) sebagian besar responden menyatakan kurang setuju untuk penggunaan internet dalam pemanfaatan internet (3) sebagian besar responden menyatakan kurang setuju untuk alasan pemanfaatan internet dalam pemanfaatan internet. Secara parsial ada pengaruh negatif yang signifikan mengenal internet terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 0 002 ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 0 037 ada pengaruh positif yang signifikan alasan pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 0 031. Sedangkan secara simultan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan mengenal internet penggunaan internet dan alasan pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa. Sedangkan alasan pemanfaatan internet merupakan sub variabel yang memberikan pengaruh dominan terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 9 79%. Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan (1) Dalam penelitian ini pemanfaatan internet berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa. Oleh karena itu pemanfaatan internet dalam proses belajar mengajar antara dosen dengan mahasiswa menggunakan teknologi internet sangat perlu untuk ditingkatkan (2) Selama ini mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang masih belum begitu paham internet sebagai media belajar yang kaya akan ilmu pengetahuan. Diharapkan pihak fakultas memberikan pelatihan-pelatihan yang mendasar tentang pentingnya pemanfaatan internet dalam ruang lingkup pendidikan. (3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang diharapkan untuk memperbaiki fasilitas internet yang sudah ada sekarang ini (4) Pemanfaatan internet bagaikan minum air laut yang tiada habisnya maka hendaknya mahasiswa sebagai subjek belajar mampu menjaga diri agar terhindar dari dampak negatif penggunaan internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27589

Actions (login required)

View Item View Item