Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa mata diklat kewirausahaan kelas II penjualn SMK Ardjuna 01 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Murtinah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa mata diklat kewirausahaan kelas II penjualn SMK Ardjuna 01 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Murtinah

Murtinah (2010) Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa mata diklat kewirausahaan kelas II penjualn SMK Ardjuna 01 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Murtinah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Secara umum prestasi belajar siswa di Indonesia ditentukan oleh kemampuan kognitifnya dalam memahami sebaran materi pelajaran yang telah ditentukan di dalam kurikulum. Setelah begitu lama mengenal dan memahami apa itu IQ (Intelligence Quotient/Kecerdasan Intelektual) lahirlah EQ (Emotional Quotient/Kecerdasan Emosional) yang dari berbagai hasil penelitian terbukti memiliki peran lebih penting dibandingkan dengan kecerdasan intelektual (IQ). Kecerdasan otak barulah merupakan syarat minimal untuk meraih keberhasilan kecerdasan emosilah yang sesungguhnya menghantarkan menuju puncak prestasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) kondisi tingkat Kecerdasan Emosional (EQ) siswa Mata Diklat Kewirausahaan kelas II Penjualan SMK Adjuna 01 Malang (2) pengaruh yang signifikan Kecerdasan Emosional (EQ) yang terdiri dari kesadaran diri (X1) Pengaturan Diri (X2) Motivasi (X3) Empati (X4) dan Keterampilan Sosial (X5) baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar siswa Mata Diklat Kewirausahaan kelas II Penjualan SMK Ardjuna 01 Malang. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner untuk mengukur tingkat Kecerdasan Emosional yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis regresi dan menggunakan nilai raport untuk mengetahui prestasi belajar siswa mata diklat kewirausahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMK Ardjuna 01 Malang Tahun Ajaran 2007/2008 yang berjumlah 91 siswa. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu berdasarkan tujuan tertentu sehingga sampel yang dipakai adalah siswa kelas II Penjualan sebanyak 30 siswa dengan pertimbangan bahwa kelas penjualan merupakan kelas yang sesuai dengan program Tata Niaga yang di ambil oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Kecerdasan Emosional (kesadaran diri pengaturan diri motivasi empati dan keterampilan sosial) terhadap prestasi belajar siswa kelas II Penjualan mata diklat kewirausahaan SMK Ardjuna 01 Malang. Hal ini dibuktikan bahwa sub variabel kesadaran diri mempunyai nilai thitung ttabel yaitu 12 615 2 042 atau dengan memperhatikan nilai signifikansi t 0 000 8804 0 05 untuk sub variabel pengaturan diri mempunyai nilai thitung ttabel yaitu 6 885 2 042 atau dengan memperhatikan nilai signifikansi t 0 000 8804 0 05 untuk sub variabel motivasi mempunyai nilai thitung ttabel yaitu 3 183 2 042 atau dengan memperhatikan nilai signifikansi t 0 000 8804 0 05 untuk sub variabel keterampilan sosial mempunyai nilai thitung ttabel yaitu 2 132 2 042 atau dengan memperhatikan nilai signifikansi t 0 000 8804 0 05. Tetapi ada satu sub variabel dari Kecerdasan Emosional yang tidak signifikan yaitu sub variabel empati yang mempunyai nilai thitung ttabel yaitu -0 092 2 042 atau dengan memperhatikan nilai signifikansi t 0 928 8805 0 05. Secara simultan dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Kecerdasan Emosional (kesadaran diri pengaturan diri motivasi empati dan keterampilan sosial) dengan prestasi belajar siswa kelas II Penjualan mata diklat kewirausahaan SMK Ardjuna 01 Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung Ftabel yaitu 459 302 2 42 dengan tingkat signifikansi 0 000 yang berarti 8804 0 05. Diketahui pula bahwa nilai adjusted R Square sebesar 0 988 yang berarti 98 8% kecerdasan emosional dipengaruhi oleh variabel-variabel dalam penelitian ini dan 1 2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Berdasarkan temuan di atas saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya orang tua mempersiapkan anak-anaknya dalam menempuh kehidupan dengan cara memberikan pendidikan kecakapan manusiawi dasariah memberikan pengalaman belajar dan pendidikan sebaik-baiknya kepada anak. Sebagai guru pendidik hendaknya dapat memberikan pengalaman belajar dan pendidikan sebaik-baiknya kepada anak misalnya dengan melatih siswa keterampilan percakapan dan melatih siswa keterampilan berteman. Untuk penelitian selanjutnya yang sejenis agar lebih berfokus pada variabel kecerdasan intelektual keadaan sosial dan ekonomi orang tua.yang dihububungkan dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27586

Actions (login required)

View Item View Item