Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X bidang keahlian penjualan di SMK PGRI 6 Malang / Hendro Zuniyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X bidang keahlian penjualan di SMK PGRI 6 Malang / Hendro Zuniyanto

Zuniyanto, Hendro (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X bidang keahlian penjualan di SMK PGRI 6 Malang / Hendro Zuniyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan kunci utama keberhasilan pembangunan nasional karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan juga merupakan sektor penting dalam mempersiapkan kebutuhan masa depan bangsa berdasarkan aspek intelektual serta memadukan aspek ketrampilan dan kepribadian. Mutu dari sebuah pendidikan itu akan tercapai jika proses belajar mengajar efektif dan efisien bagi tercapainya pengetahuan dan ketrampilan bagi kelulusan siswa yang sesuai dengan tuntutan zaman. Prestasi belajar adalah salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam proses belajar mengajar. Selain itu belajar merupakan salah satu indikator dari mutu pendidikan. Prestasi ini dapat diukur dengan mengadakan penilaian yang dilakukan dengan berbagai cara antara lain dengan diskusi pemberian tugas pengamatan tingkah laku maupun pemberian tes. Dari hasil pengamatan pendahuluan menunjukkan prestasi belajar peserta didik masih tergolong rendah salah satu penyebabnya adalah kecenderungan menerapkan metode yang tidak variatif. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi yang melibatkan peran aktif dari peserta didik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan pembelajaran kooperatif model jigsaw yang melibatkan peserta didik sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung mengembangkan sikap sosial antar sesama peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran pembelajaran kooperatif model jigsaw yang dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Penjualan Di SMK PGRI 6 Malang. Kedua untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif model jigsaw serta untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan pembelajaran model jigsaw pada siswa kelas X Program Keahlian Penjualan Di SMK PGRI 6 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif yang bersifat naturalistik dimana pelaksanaan penelitian ini terjadi secara alamiah apa adanya dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya dan menekankan pada deskriptif secara alami. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang dalam setiap siklusnya meliputi proses perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada siswa kelas X Program Keahlian Penjualan Di SMK PGRI 6 Malang telah dilaksanakan dengan sempurna hingga mencapai 100%. Sedangkan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran model jigsaw ini mengalami peningkatan. Hal ini dapat terlihat bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke Siklus II yakni siswa yang bertanya ada 29 63% meningkat menjadi 31 56% serta yang menanggapi dengan kritis juga meningkat dari 22 22% menjadi 23 68%. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat terlihat dari rata-rata pre tes yakni 72 26% meningkat pada siklus I nilai rata-ratanya 75 59% dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 78 21%. Sedangkan untuk ketuntasan belajar klasikal juga meningkat dari pre tes 50% meningkat pada siklus I menjadi 71 43% dan meningkat kembali pada siklus II sebesar 95 43%. Dengan demikian dapat dilihat bahwa penerapan pembelajarn kooperatif model jigsaw pada siswa Kelas X Bidang Keahlian Penjualan SMK PGRI 6 Malang dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27585

Actions (login required)

View Item View Item