Pengaruh keterampilan sosial (Social Skill) terhadap minat wirausaha siswa kelas III program keahlian penjualan SMK Negeri 2 Tuban / Nur Mufidah Sa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keterampilan sosial (Social Skill) terhadap minat wirausaha siswa kelas III program keahlian penjualan SMK Negeri 2 Tuban / Nur Mufidah Sa

Mufidah Sa, Nur (2009) Pengaruh keterampilan sosial (Social Skill) terhadap minat wirausaha siswa kelas III program keahlian penjualan SMK Negeri 2 Tuban / Nur Mufidah Sa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mewujudkan fungsi pendidikan nasional peran aktif Sekolah Menengah Kejuruan sebagai salah satu lembaga pendidikan adalah menyiapkan peserta didik agar dapat menjadi warga negara yang mandiri dan bertanggungjawab. Lulusan Pendidikan Kejuruan secara umum harus memiliki minimal kacakapan pengetahuan dan keterampilan sosial emosional dan fisik dalam kehidupan sosial. Salah satu bentuk kemandirian adalah sebagai pencipta lapangan pekerjaan dan bukan sebagai pencari pekerjaan. Hal semacam ini adalah salah satu bentuk kemampuan seorang wirausaha. Oleh sebab itu Sekolah Menengah Kejuruan diharapkan dapat mengembangkan potensi siswa untuk dapat memotivasi lulusannya menjadi seorang wirausahawan dikemudian hari. Dengan demikian siswa terlebih dahulu harus memiliki ketertarikan berbentuk minat pada bidang kewirausahaan. Minat wirausaha salah satunya dapat didukung oleh keterampilan sosial. Karena keterampilan ini merupakan salah satu bentuk keterampilan yang dapat mempengaruhi minat wirausaha siswa. Keterampilan sosial diperlukan untuk berinteraksi dengan orang lain dengan menunjukkan sikap yang sesuai untuk memperlancar usaha yang sedang ditekuni. Karena seorang wirausaha selalu membutuhkan berinteraksi dengan pelanggan pemasok distributor mitra kerja dan lain-lain. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh keterampilan sosial terhadap minat wirausaha siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan penelitian korelasi. Rancangan deskriptif dapat digunakan untuk menggambarkan mencatat menganalisis serta menginterpretasikan data dari variabel keterampilan sosial siswa yang terdiri dari sub variabel ekspresi emosi kepekaan emosi kontrol emosi ekspresi sosial kepekaan sosial kontrol sosial dan manipulasi sosial sebagai variabel bebas. Sedangkan variabel terikatnya adalah minat wirausaha. Penelitian korelasi digunakan untuk menjelaskan pengaruh variabel keterampilan sosial terhadap minat wirausaha siswa. Dalam penelitian ini menggunakan keseluruhan populasi sebagai obyek penelitian yaitu siswa kelas III program keahlian penjualan SMKN 2 Tuban. Sedangkan analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda karena untuk mengetahui pengaruh variabel bebas baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel terikat. Dari hasil analisis deskriptif penelitian menunjukkan tingkat eksperesi emosi sosial siswa tergolong tinggi kepekaan emosi siswa tergolong tinggi kontrol emosi siswa tergolong tinggi ekspresi emosi siswa tergolong tinggi kepekaan sosial siswa tergolong tinggi kontrol sosial siswa tergolong sangat tinggi dan minat wirausaha yang sebagian besar dimiliki siswa adalah baik. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh positif signifikan antara ekspresi emosi terhadap minat wirausaha dengan nilai regresi parsial 0 158. 2) terdapat pengaruh positif signifikan antara kepekaan emosi terhadap minat wirausaha dengan nilai regresi parsial sebesar 0 305. 3) tidak terdapat pengaruh signifikan antara kontrol emosi terhadap minat wirausaha dengan nilai regresi -0 018. 4) terdapat pengaruh positif signifikan antara ekspresi sosial terhadap minat wirausaha dengan nilai regresi parsial 0 380.5) terdapat pengaruh positif signifikan antara kepekaan sosial terhadap minat wirausaha dengan nilai regresi parsial 0 451. 6) terdapat pengaruh positif signifikan antara kontrol sosial terhadap minat wirausaha dengan nilai regresi secara parsial 0 137. 7) terdapat pengaruh positif signifikan antara manipulasi sosial terhadap minat wirausaha dengan nilai regresi 0 136. Secara simultan seluruh sub variabel keterampilan sosial secara simultan mempengaruhi minat wirausaha siswa sebesar 75 7%. Bagi pihak sekolah diharapkan dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa yang terdiri dari ekspresi emosi kepekaan emosi kontrol emosi ekspresi sosial kepekaan sosial kontrol sosial dan manipulasi sosial mengingat kepentingan materi tersebut dalam bidang kewirausahaan. Keterampilan sosial siswa dapat dikembangkan melalui metode kooperatif non konvensional. Hendaknya pihak sekolah bertindak sebagai mediator atas tersalurnya minat wirausaha siswa. Populasi dalam penelitian ini terbatas pada siswa kelas III program keahlian penjualan SMK Negeri 2 Tuban maka untuk memperoleh hasil yang meyakinkan hendaknya diadakan penelitian kembali disekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27582

Actions (login required)

View Item View Item