Nurul Furqonia (2009) Pengaruh pelaksanaan pendidikan sistem ganda (PSG) terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas III SMK Negeri I Lumajang tahun ajaran 2007/2008 / Nurul Furqonia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan pendidikan di Indonesia merupakan suatu hal yang sangat mutlak dilaksanakan karena pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berahlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan dilangsungkan untuk membantu perkembangan seluruh aspek kepribadian manusia sehingga dengan demikian manusia itu dapat mengusahakan kehidupannya sendiri yang sejahtera. Proses belajar mengajar di sekolah adalah proses perubahan dari tingkat yang lebih rendah ke tingkat yang lebih tinggi. Proses merupakan perjalanan panjang dan kompleks yang senantiasa selalu disesuaikan dengan perkembangan pendidikan yang terus berusaha melakukan inovasi-inovasi dan meningkatkan kualitas untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dalam rangka pendekatan kesesuaian mutu tamatan yang meliputi kemampuan kerja dan sikap professional serta jumlah tamatan dengan kebutuhan lapangan kerja. Depdiknas menempuh kebijakan untuk menyelenggarakan kurikulum SMK dengan model system ganda dengan harapan agar siswa dapat menerapkan teori kedalam lapangan pekerjaan dan menyesuaikan dengan masalah yang ditemui di lapangan pekerjaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh PSG terhadap motivasi siswa dalam berwirausaha. Penelitian ini membahas tentang pengaruh PSG terhadap motivasi berwirausaha baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SMK Negeri 1 Lumajang yang telah melaksanakan praktek PSG. Adapun jumlah dari seluruh siswa kelas III adalah 310 siswa kemudian diambil sampel sebanyak 100 siswa secara ramdom (acak). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pernyataan-pernyataan yang dijabarkan dalam angket yang terdiri dari 52 item mewakili setiap sub variabel bebas (sistem seleksi materi pembimbingan metode pelatihan fasilitas pelatihan kesiapan pembimbing etos kerja sistem evaluasi) dan variabel terikat ( otivasi intrinsik berwirausaha dan motivasi ekstrinsik berwirausaha) yang kemudian disebar pada siswa. Angket dinilai berdasarkan skala Likert dengan sebaran nilai Sangat Sesuai (5) Sesuai (4) Kurang Sesuai (3) Tidak Sesuai (2) dan Sangat Tidak Sesuai (1). Dari data primer yang didapat kemudian diuji dengan uji regresi berganda dengan bantuan SPSS for windows 13.00. Adapun hasil dari analisi data adalah (1) terdapat pengaruh positif signifikan sistem seleksi terhadap motivasi berwirausaha siswa karena sig t 0 003 alpha 0 050 sedangkan thitung 3 012 ttabel 1 980 (2) tidak terdapat pengaruh positif signifikan materi pembimbingan terhadap motivasi berwirausaha siswa karena sig t 0 112 alpha 0 050 sedangkan thitung -1 603 ttabel 1 980 (3) terdapat pengaruh positif signifikan metode pelatihan terhadap motivasi berwirausaha siswa karena sig t 0 037 alpha 0 050 sedangkan thitung 2 117 dari ttabel 1 980 (4) tidak terdapat pengaruh positif signifikan fasilitas pelatihan terhadap motivasi berwirausaha siswa karena sig t 0 732 alpha 0 050 sedangkan thitung -0 344 ttabel 1 980 (5) tidak terdapat pengaruh positif signifikan kesiapan pembimbing terhadap motivasi berwirausaha siswa karena sig t 0 245 alpha 0 050 sedangkan thitung 1 169alpha 0 050 sedangkan thitung 0 528 ttabel 1 980 (8) secara simultan terdapat pengaruh positif signifikan pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas III SMK Negeri 1 Lumajang karena nilai Fhitung 5 742 Ftabel 2 100 dengan sig F 0 000 0 05. Hal ini berarti bahwa hipotesis mengenai tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara paksanaan Pendidikan Sistem Ganda terhadap motivasi berwirausaha ditolak. Ada beberapa indikator yang menunjukkan bahwa terdapatnya pengaruh yang positif signifikan dari prlaksanaan PSG terhadap motivasi berwirausaha adalah bertanggung jawab pada diri sendiri/ hidup mandiri lebih menyukai menjadi pemimpin dari pada bawahan keinginan untuk berprestasi menciptakan lapangan pekerjaan mendapatkan penghargaan dan pengakuan meningkatkan kesejahteraan hidup memiliki status. Dari hasil penelitian ini saran peneliti adalah (1) kegiatan pembimbingan selama praktik di dunia usaha/dunia industri oleh instruktur perusahaan harus lebih ditekankan pada pemberian materi pelatihan terutama kemampuan praktek dasar keahlian kejuruan yang berorientasi pada dunia kerja (2) pengaktifan kembali peran siswa secara aktif dan berkesinambungan dalam mengelola sarana dan prasarana yang telah ada terutama yang berkaitan dengan motivasi berwirausaha siswa semisal dibentul piket bergiliran di bank mini mini market koperasi sekolah dan warung internet (3) mengoptimalkan peran guru pembimbing PSG untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi selama menjalankan praktek pendidikan sistem ganda (4) metode pelatihan lebih ditekankan pada metode diskusi dan demonstrasi agar siswa dapat termotivasi untuk mengungkapkan pendapat dan berfikir secara logis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |