Perbedaan hasil belajar ekonomi antara model pembelajaran siklus (learning cycle) dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa SMK Ardjuna 01 Malang / Yuli Astuti Fajar Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar ekonomi antara model pembelajaran siklus (learning cycle) dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa SMK Ardjuna 01 Malang / Yuli Astuti Fajar Wulandari

Yuli Astuti Fajar Wulandari (2008) Perbedaan hasil belajar ekonomi antara model pembelajaran siklus (learning cycle) dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa SMK Ardjuna 01 Malang / Yuli Astuti Fajar Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran siklus (learning cycle) merupakan salah satu model pembelajaran yang mengacu pada teori konstruktivisme. Pembelajaran dengan metode siklus (learning cycle) dapat mengembangkan atau memperkaya konsep-konsep belajar yang telah dimiliki siswa. Belajar dengan model pembelajaran siklus (learning cycle) dapat membuat siswa aktif dan memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri. Model pembelajaran siklus (learning cycle) memiliki lima fase antara lain pendahuluan (engagement) eksplorasi (exploration) penjelasan (explanation) penerapan konsep (elaboration) dan evaluasi (evaluation). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara penerapan model pembelajaran siklus (learning cycle) dengan metode pembelajaran konvensional pada mata diklat ekonomi di SMK Ardjuna 01 Malang. Penerapan model pembelajaran siklus (learning cycle) dan metode pembelajaran konvensional (ceramah dan tanya jawab) diukur melaui aspek kognitif saja yaitu melalui pre test dan post test. Pada penelitian sebelumnya yaitu Susilo (2006) dan Rodiana (2007) menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran siklus (learning cycle) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan dan saran dari kedua peneliti maka dilakukan kembali pada variabel sampel dan materi yang berbeda Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimental desing. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pengambilan sampel didapat kelas 2 Penjualan sebagai kelas eksperimen dan kelas 2 Administrasi Perkantoran sebagai kelas kontrol dimana kedua kelas tersebut sebelumnya mendapatkan pengajaran metode konvensional (ceramah dan tanya jawab). Uji coba instrumen melipiuti uji validitas uji reliabilitas taraf kesukaran dan daya beda. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis hipotesis yang didalamnya terdapat uji normalitas uji homogenitas dan uji t. Hasil uji normalitas kemampuan awal kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi 0 382 dan kelas kontrol 0 551. Hasil uji normalitas kemampuan akhir kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi 0 450 dan kelas kontrol 0 475. Hasil uji homogenitas kemampuan awal menunjukkan nilai signifikansi 0 806. Hasil uji homogenitas kemampuan akhir menunjukkan nilai signifikansi 0 836. Berdasarkan kriteria uji yang ditetapkan berarti data berdistribusi normal dan bersifat homogen sehingga analisis data beda rata-rata terhadap kenaikan nilai menunjukkan nilai signifikansi taraf nilai signifikansi 0 040 0 05 dan t hitung (2 104) t tabel (2 003) hal ini sesuai dengan pernyataan jika signifikansi 0 05 dan t hitung t tabel maka H0 ditolak dan menerima Ha. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang mendapat model pembelajaran siklus (learning cycle) dengan siswa yang mendapat metode pembelajaran konvensional (ceramah dan tanya jawab) dimana diketahui bahwa rata-rata nilai hasil belajar ekonomi (kognitif) siswa yang mendapatkan model pembelajaran siklus (learning cycle) lebih tinggi dari pada rata-rata nilai siswa yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional (ceramah dan tanya jawab). Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan untuk menggunakan model pembelajaran siklus (learning cycle) sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27578

Actions (login required)

View Item View Item