Proses kreatif penulisan novel pendosa yang saleh Karya Royyan Julian / Alfina Dian Rahmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses kreatif penulisan novel pendosa yang saleh Karya Royyan Julian / Alfina Dian Rahmasari

Rahmasari, Alfina Dian (2022) Proses kreatif penulisan novel pendosa yang saleh Karya Royyan Julian / Alfina Dian Rahmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menulis novel merupakan salah satu cara penulis dalam menyampaikan pikiran dan imajinasinya. Dalam menyampaikan pikiran dan imajinasinya penulis mengalami sebuah proses yang dinamakan proses kreatif. Penulisan novel Pendosa yang Saleh karya Royyan Julian ada tiga tahap proses kreatif. Proses kreatif tersebut dibagi menjadi kegiatan sebelum menulis kegiatan saat menulis dan kegiatan setelah menulis. Kegiatan-kegiatan tersebut membantu penulis yaitu Royyan Julian untuk menyelesaikan novel yang ditulis dalam proses kreatif. Melalui proses kreatif penulis dapat membuat pembaca lebih menghargai karya yang dibuat. Faktor pribadi dan pendorong intenal maupun eksternal juga berpengaruh pada proses dan hasil karya penulis. Dengan demikian faktor pribadi pendorong dan proses kreatif penulis termasuk unsur penting yang perlu diketahui pembaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kajian teks dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan faktor pribadi dan pendorong yang mempengaruhi serta proses kreatif Royyan Julian dalam penulisan novel Pendosa yang Saleh. Faktor pribadi yaitu ciri kepribadian kreatif yang mempengaruhi proses kepenulisan pengarang yaitu (1) berani (2) kritis dan (3) intelegensi. Faktor pendorong internal terdiri dari (1) jenis kelamin dan (2) pengalaman masa kecil sedangkan faktor pendorong eksternal terdiri dari (1) keluarga (2) sekolah dan (3) masyarakat dan kebudayaan. Kegiatan pramenulis yang dilakukan Royyan sebagai pengarang novel Pendosa yang Saleh yaitu (1) berjalan-jalan (2) membaca (3) mendengarkan dan (4) memperoleh pengalaman. Proses selanjutnya yaitu kegiatan Royyan saat menulis yaitu (1) membuat target dan kerangka penulisan novel (2) kebiasaan Royyan sebagai sastrawan yang cepat dan produktif dan (3) memposisikan diri menjadi pembaca. Terakhir yaitu kegiatan yang dilakukan pascamenulis yaitu (1) melakukan perenungan (2) merevisi naskah dan (3) membuat keputusan pascamenulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275755

Actions (login required)

View Item View Item