Bentuk dan penyebab stres tokoh perempuan dalam novel Mamimoma karya Rosemary Kesauly - Repositori Universitas Negeri Malang

Bentuk dan penyebab stres tokoh perempuan dalam novel Mamimoma karya Rosemary Kesauly

Adiningsih, Aisyah (2022) Bentuk dan penyebab stres tokoh perempuan dalam novel Mamimoma karya Rosemary Kesauly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perempuan lebih rentan mengalami stres pada saat dihadapkan dengan masalah. Dalam teori stres Selye bentuk stres didasarkan pada dampaknya dibagi menjadi dua jenis yaitu distress dan eustress. Stres tersebut disebabkan oleh berbagai faktor yang menjadi penyebab stres (stressor) seperti yang dialami oleh tokoh perempuan muda dalam novel Mamimoma. Novel teenlit tersebut merupakan karya Rosemary Keauly yang terbit pada tahun 2018 untuk edisi ketiga di PT Gramedia Pustaka Utama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik menganalisis isi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan penyebab stres (stressor) pada tokoh perempuan dalam novel Mamimoma karya Rosemary Kesauly. Hasil penelitian menunjukkan adanya bentuk stres pada tokoh perempuan yaitu distress dan eustress. Distress tecermin pada tokoh Maggie dan May yang ditunjukkan melalui penurunan kualitas hubungan sosial antara anak dan orang tua. Sementara itu eustress tecermin pada tokoh Maggie dan Milly yang ditunjukkan melalui peningkatan potensi dan kinerja. Stres pada tokoh perempuan tersebut disebabkan oleh berbagai aspek yang menjadi penyebab stres yaitu stressor dari aspek sosial dan psikologi. Aspek sosial berkaitan dengan pekerjaan orang tua keharmonisan keluarga dan respon masyarakat terhadap cacat fisik. Sementara itu aspek psikologi berkaitan dengan rasa tidak percaya diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PIN Indonesian Literature
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 07:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275754

Actions (login required)

View Item View Item